JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Tahu, Begini Cara Badal Haji yang Benar Plus Panduan dan Tahapan Badal Haji Resmi

Petugas sedang menata koper jemaah calon haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali / Foto: Waskita
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mau tahu bagaimana cara badal haji yang benar, seperti apa pula panduan dan tahapan badal haji resmi dari pemerintah?

Nah, ini dia cara badal haji yang benar plus panduan dan tahapan badal haji resmi dari pemerintah.

Melansir kemenag.go.id, Sabtu (25/6/2022), pemerintah menyiapkan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji alias juri bicara PPIH Akhmad Fauzin menegaskan program badal haji menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jemaah yang memenuhi kriteria.

Menurut juru bicara PPIH Akhmad Fauzin, ada tiga kelompok jemaah yang bisa dibadalhajikan.

Pertama, jemaah yang meninggal dunia di asrama haji Embarkasi atau Embarkasi antara, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi, atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

Kedua, jemaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan. Dan ketiga, jemaah yang mengalami gangguan jiwa.

Lantas, bagaimana panduan dan tahapan badal haji resmi dari pemerintah?. Fauzin menjelaskan bahwa ada beberapa tahap yang dilalui.

Pertama, pendataan jemaah wafat sampai dengan tanggal 9 Zulhijjah jam 11.00 waktu Arab Saudi (WAS). Kedua, penyiapan petugas badal haji di Kantor Daker Makkah. Ketiga, petugas badal haji diberangkatkan ke Arafah pada pukul 11.00 WAS tanggal 9 Zulhijjah.

โ€œKeempat, petugas badal haji melaksanakan wukuf dan dilanjutkan rangkaian ibadah haji yang bersifat rukun dan wajib, sampai dengan seluruh raangkaiannya selesai dan diakhiri dengan bercukur sebagai tanda tahallul,โ€ jelas juri bicara PPIH Akhmad Fauzin.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Tahap selanjutnya atau kelima, petugas badal haji menandatangani surat pernyataan telah selesai melaksakan tugas badal haji. PPIH Arab Saudi lalu menerbitkan sertifikat badal haji. Terakhir atau ketujuh, sertifikat badal haji diserahkan ke PPIH Kloter untuk diberikan ke keluarga jemaah yang dibadalkan.

โ€œPelaksanaan badal haji tidak dipungut biaya,โ€ tegas Fauzin yang juga Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi, Setjen Kemenag.

Pemerintah, lanjut Fauzin, mengimbau agar jemaah tidak melakukan transaksi badal haji dengan pihak yang tidak bertanggung jawab. Jemaah sebaiknya melapor kepada PPIH Kloter dan PPIH Sektor untuk memastikan pelaksanaan badal haji.

Jemaah bisa juga berkonsultasi terkait badal haji melalui whatshapp center di nomor +966 503 5000 17. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com