JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Warga Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Terima Pelatihan Digital Marketing, Diajari Cari Uang dengan Duit

Digital marketing
Pelatihan digital marketing di Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri. Dok. STAIMAS Wonogiri
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Puluhan warga Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri menerima pelatihan digital marketing.

Adalah para mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat alias KPM Tematik STAIMAS Wonogiri 2022 yang menggelar pelatihan digital marketing bagi masyarakat Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri di aula desa setempat, Sabtu (25/6).

Pelatihan digital marketing merupakan kerja sama mahasiswa KPM Tematik STAIMAS Wonogiri dengan Fasilitator Adopsi Digital 4.O Kominfo wilayah Jawa Tengah dan BMT Mitra Mandiri Wonogiri.

Acara yang dihadiri 50 peserta dari klaster UMKM dan non UMKM yang belum mempunyai produk mendapat apresiasi dari Pemerintahan Desa Bulusulur dan para tokoh masyarakat Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri.

Hadir sebagai narasumber Fasilitator Adopsi Digital 4.0 Kominfo Wilayah Jawa Tengah Sukesti Nuswantari dan General Manager KSPPS BMT Mitra Mandiri Teguh Edi P.

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Sukesti Nuswantari menyampaikan materi tentang keuntungan dari pemasaran melalui online. Dia menyatakan semua produk bisa dipasarkan dengan online mulai dari kuliner berupa makanan dan minuman, produk kesehatan, fashion, pertanian, peternakan jasa produk yang ada di supermarket produk yang sesuai dengan hobi.

โ€œCarilah duwit (uang) dengan DUIT, doa usaha, ikhtiar dan tawakal,โ€ tandas Sukesti.

Sementara Teguh menjelaskan manajemen keuangan dalam berbisnis. Prinsipnya jangan sampai uang dagang tercampur dengan keuangan keluarga.

Seseorang yang berjualan nasi padang, ketika anaknya dan istrinya makan, orang tersebut nombokin bayar. Lantaran saking pentingnya manajemen, supaya tidak tercampur keuangan dagangan dengan keuangan keluarga.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Koordinator Lapangan Dusun Klemut Desa Bulusulur Risky Yuniar Rahmadieni berharap pelaku UMKM di Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri bisa menaikkan produktivitas, kualitas produk dan inovasi kemasan agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

โ€œSemoga pelaku UMKM mampu meningkatkan promosi produk melalui platform digitalis sehingga produknya tidak hanya dikenal di masyarakat lokal setempat tetapi bisa dikenal di seluruh Indonesia hingga di kancah global,โ€ ujar Risky mewakili Ketua KPM Tematik STAIMAS WONOGIRI Indra Setiawan.

Panitia pelakasana Pelatihan Digital Marketing, Heru Wiguna menuturkan setelah kegiatan pelatihan itu, akan digelar kembali pelatihan ke dua, dengan bekerja sama dengan Kominfo dan salah satu toko online marketplace. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com