JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hanya Ada di Sragen, Ini Dia Bengkoang Terbesar di Indonesia. Berbobot 16 Kg, Yang Tahu Langsung Pingsan

Bengkoang raksasa berbobot 16 Kg hasil budidaya SMKN 1 Kedawung Sragen diyakini jadi bengkoang terbesar di Indonesia. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebuah bengkoang berukuran tak wajar membuat gempar acara pameran KTNA Exporience 2022 di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS), Sabtu (30/7/2022).

Bengkoang yang diyakini menjadi bengkoang terbesar di Indonesia itu dipamerkan oleh SMKN 1 Kedawung Sragen.

Bengkoang dengan berat 16 Kg itu mengundang decak kagum para pengunjung pameran.

Puluhan orang pengunjung pameran dibuat terkagum -kagum akan buah yang ukurannya tidak lazim tersebut.

Bahkan banyak pengunjung yang terobsesi untuk mengendong dan mengangkat untuk berswafoto atau selfi. Tak sedikit pula yang mencoba mencicipi buah bengkoang raksasa yang dipamerkan itu.

Salah satu pegawai SMKN 1 Kedawung yang menjaga stan di pameran, Sri Rahayu mengatakan bengkoang raksasa yang diberi nama bengkoang super itu baru satu tahun dibudidayakan di sekolahnya.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Bengkoang itu dikembangkan di sekolah dengan bibit awal dari Malang, Jawa Timur. Kesuksesan budidaya bengkoang itu tak lepas dari campur tangan, pakar pertanian yang juga mantan guru SMKN 1 Kedawung, Sudarman.

“Bibitnya dulu dari Malang, Jawa Timur. Dulu dari temannya Bapak Sudarman pensiunan guru SMKN 1 Kedawung, yang sampai sekarang masih peduli walaupun sudah purna,” ujarnya.

Mbak Yayuk menjelaskan bengkoang super itu dibudidayakan tanpa perawatan khusus. Ia menyebut besarnya bengkoang itu juga tak lepas dari kondisi bibit yang sudah besar dari awal.

“Tidak ada perawatan khusus, memang bibitnya sudah sukun atau super. Ini ditanam sampai panem ada 6 bulan
Bibitnya memang bibit sukun atau super, selama 6 bulan ditanam di tanah SMK hasilnya mengejutkan,” tandasnya.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak Usai Isi Dexlite di Sragen, SPBU Jetak Minta Maaf dan Pastikan Bukan Abal-abal, Melainkan...
Bengkoang raksasa berbobot 16 Kg hasil budidaya SMKN 1 Kedawung Sragen diyakini jadi bengkoang terbesar di Indonesia. Foto/Wardoyo

Tatik (50) salah satu pengunjung asal Margo Asri RT 34, Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Sragen mengatakan bahwa baru kali ini melihat dan mengendong bengkoang yang ukurannya raksasa.

“Iya baru kali ini saya tau ada bengkoang sebesar ini. Tadi saya juga sudah mencicipi buahnya dan rasanya enak ada manis manisnya dan seger kayak bengkoang pada umumnya,” kata Tatik.

Ia mengatakan sempat mau pingsan pertama kali melihat buah bengkoang super. Menurutnya baru kali ini mengetahui bengkoang dengan ukuran besar tersebut.

“Seumur-umur sampai tua ini baru tau ada bengkoang sebesar ini. Bahkan di Sragen maupun di Indonesia baru di sragen yang ada kayak gini,” bebernya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com