JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Imbas Terlalu Dekat Jokowi, Pendukung Prabowo Mulai Berpaling ke Anies

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto kolase/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hasil survei terbaru dari Indopol Survey & Consulting masih menempatkan tiga kandidat kuat yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di posisi tiga besar menuju Pilpres 2024.

Namun ada fenomena menarik di mana dari tiga kandidat itu, dua di antaranya yakni Ganjar dan Anies mengalami kenaikan elektabilitas signifikan.

Berbanding terbalik, Prabowo yang sebelumnya selalu memimpin, kini terpental ke posisi tiga.

Menurut Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto penurunan elektabilitas ini terjadi kala responden diberi pertanyaan terbuka atau top of mind tiga nama capres, yaitu Prabowo, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

“Temuan menariknya di sini, Prabowo mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dari bulan Januari bahkan November, ini Prabowo menempati posisi puncak di 15,85 persen di Januari, turun drastis menjadi 8,94 persen (bulan Juni 2022),” kata Ratno dalam keterangannya secara virtual, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga :  Hasil Musyawarah Rakyat Terbaru, Airlangga Hartarto Kokoh Masuk 3 Besar Kandidat Capres. Dinilai Punya Kepemimpinan Sesuai Masyakarat Jawa

Menurut Ratno, peran Prabowo di dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf menjadi salah satu penyebab elektabilitas Menteri Pertahanan itu turun.

Masuknya Prabowo di dalam lingkaran kabinet pemerintah, membuat barisan pendukungnya mulai berkurang simpati.

“Kenapa? Karena kita tahu para pendukung Prabowo jelas berseberangan dengan pendukung Jokowi,” ujar Ratno.

Ratno menambahkan defisit elektabilitas Prabowo itu juga akibat gerusan elektabilitas yang bergeser kepada Anies Baswedan.

Hal itu terjadi karena secara garis politis, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan memperebutkan konstituen yang sama. Yakni mereka yang tidak puas atau berseberangan dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga :  PAN Usulkan 3 Nama Ini ke KIB untuk Capres-Cawapres 2024

Akibat kedekatan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi membuat suara pendukung Prabowo mengalir ke Anies Baswedan.

Meski Pilpres masih dua tahun lagi, dan Prabowo Subianto belum benar-benar menggerakkan mesin partai atau koalisinya, menarik untuk ditunggu bagaimana Prabowo Subianto bisa kembali meraih elektabilitasnya menjelang 2024, tambah Ratno.

Survei Indopol ini dilakukan pada 24 Juni – 1 Juli 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden per provinsi dan margin of error +/- 2,8 persen.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen. (JSnews/Tribunnews)

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com