JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

Mobil Box Terbakar di Cekelan Kulonprogo. Mengapa Mobil Bisa Terbakar?

Sebuah mobil terbakar karena dipicu korsleting listrik / tribunnews
ย ย ย 

KULONPROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Diduga gara-gara korsleting listrik, mobil box hangus terbakar di sebelah utara palang pintu kereta api (KA) di Dusun Cekelan, Kalurahan Karangsari, Pengasih, Kulonprogo, Senin (18/7/2022) siang.

Semula, Yuda Aditya (23) yang mengendarai mobil Isuzu Panther AB 8123 FN tersebut, berniat mengambil paket di daerah Temon, Kulonprogo.

Sayangnya, sesampai di utara palang pintu KA, mobil tersebut mengeluarkan asap, tepatnya berasal dari saluran AC.

Tahu kondisi tersebut, Yuda menepikan mobil tersebut di tepi jalan dan membuka kap mesin.

“Begitu kap mesin dibuka, asap semakin membesar, lalu terbakar. Dugaan sementara karena korsleting kelistrikan mobil,” kata Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry.

Api baru berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan polisi turun tangan.

Kasus mobil terbakar akibat korsleting listrik, tampaknya bukan sekali ini saja terjadi. Sebenarnya, apa penyebab mobil bisa terbakar?

Informasi yang dirangkum dari berbagai sumber menyebutkan, ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran mobil.

  1. Kendaraan jarang dipakai

Ternyata, kendaraan yang jarang dipakai, bukannya awet, namun bisa rawan terhadap kebakaran. Kenapa bisa? Biasanya, mobil jaang dipakai, bisa dijadikan saarang tikus. Nah, kabel terkelupas akibat digigit tikus itulah ย yang bisa memicu terjadinya korsleting. Panas akibat kabel korslet, bisa menyambar apa saja bagian mesin yang mudah terbakar, misalnhya peredam panas di kap mesin. Atau, apesnya api langsung menyambar uap bensin.

  1. Selain itu, korsleting listrik juga bisa dipicu dari kabel yang sudah โ€œdiakaliโ€. Biasanya kabel yang sudah di-jumper supaya dapat arus listrik, tapi bebannya jadi berlebih sehingga menimbulkan panas.
  2. Hal sepele lainnya yang bisa jadi pemicu kebakaran adalah barang-barang yagn tertinggal di ruang mesin. Misalnya, kain lap atau bahan lainnya yang mudah terbakar. Karena itu, hati-hati ya, teliti ruang mesin dengan cermat sebelum berkendara.
  3. Posisi parkir
Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

Posisi parkir ini pun salah-salah bisa potensial memicu terjadinya kebakaran lho. Misalnya, mobil yang diperkir dekat dengan bahan yang mudah terbakar. Misalnya ada benda-benda seperti ranting atau sampah kertasa menempel di knalpot, hal itu pun bisa memicu terjadinya kebakaran.

  1. Cairan BBM juga potensial memicu kebakaran. Karena itulah, diwanti-wanti dengan sangat, saat mengisi bensin di SPBU, mesin kendaraan harus dalam keadaan mati.
  2. Power bank juga bisa memicu terjadinya kebakaran mobil. Peristiwa seperti ini sudah seringkali terjadi, di mana powerbank yang tertinggal di dalam mobil meledak dan mengakibatkan kebakaran. Karena itulah, jangan mengisi daya powerbank melalui soket mobil jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu yang lama.
  3. Rokok bisa picu kebakaran mobil lho. Tidak jarang, pemilik kendaraan yang juga perokok, taanpa sadar menyimpan korek api atau korek gas di dasbor atau laci. Jika terjadi guncangan dalam suhu mobil yang panas, maka korek gas bisa terpicu untuk meledak.
  4. Ponsel juga bisa memicu terjadinya kebakaran mobil, terutama ketika pengisian BBM sedang belangsung. Karena itu, di SPBU selalu ada peringatan untuk tidak menelepon atau mengoperasikan handphone, termasuk berselancar di internet, membuka aplikasi, media sosial dan sebagainya, hal itu juga dilarang saat kita mengisi BBM di SPBU.

    www.tribunnews.com/suhamdani

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com