JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sebut Potensi Kreativitas di Solo Tinggi, Gibran Dorong UMKM Segera Daftarkan HAKI

Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka. Foto: Triawati
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendorong UMKM Di Kota Solo untuk segera mendaftarkan hak kekayaan intelektual (HAKI) mereka. Gibran menyebutkan jika Kota Solo memiliki potensi kreativitas tinggi.

“Sehingga kalau tidak segera didaftarkan legalitasnya nanti rawan dicuri,” ujarnya, Kamis (21/7/2022).

Gibran menambahkan, layanan pendaftaran HAKI dari Kemenkumham telah dibuka di Mal Pelayanan Publik (MPP) terpadu yang ada di kawasan Gladag Solo. Dia mendorong seluruh UMKM untuk menggunakan fasilitas layanan tersebut. Gibran juga memastikan proses pendaftaran HAKI Mudah dan cepat melalui program Kemenkumham.

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

“Kan sudah dimudahkan Pak Menteri (Menkumham). Semua serba dimudahkan sekarang, makane ndang daftaro (segera mendaftar),” imbuhnya.

Diakui Gibran, menaikkan jumlah pendaftar hak cipta atau legalitas produk bagi UMKM di Solo bukan perkara mudah. Pasalnya, belum semua pelaku UMKM mengetahui pentingnya legalitaas produk tersebut.

“Ini masih perlu sosialisasi karena padaa belum tahu pentingnya HAKI. Nanti akan kami dorong terus. Segera ke MPP nanti dibantu disana, kalau sesuai dataa Kemenkumham, Solo menempati peringkat ke dua se Jawa Tengah untuk pendaftaan hak cipta tahun 2021 kemarin,” ujarnya.

Baca Juga :  Cegah "Insiden" Pencalonan Gibran Terulang, PDIP Solo Gelar Penjaringan Kandidat Pilwakot Solo 2024

Sementara itu, berdasarkan data Kemenkumham, jumlah pendaftar hak cipta di Kota Solo tercatat sebanyak 1.130 permohonan pada tahun 2020. Jumlah tersebut mengalami kenaikan menjadi 1.950 permohonan pada tahun 2021. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com