JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Terbongkar, Sosok Asli Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Punya Banyak Rumah, Sering Pulang Dinihari Hingga Jarang Gaul Tetangga

Irjen Pol Ferdy Sambo. Foto/Wardoyo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus penembakan berdarah yang menewaskan Brigadir Josua Hutabarat (28), di kediaman dinas Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, Jumat (6/7/2022) malam masih menyisakan misteri.

Dari keterangan polisi, ajudan Kadiv Propam itu tewas ditembak usai melakukan pelecehan terhadap istri sang jenderal, Putri Candrawati.

Namun isu lain yang berembus, Brigadir nan tampan dan gagah itu disebut dihabisi lantaran diduga terlibat asmara terlarang dengan istri sang jenderal.

Seiring mencuatnya kasus yang menghenyakkan itu, sosok sang jenderal Irjen Ferdy Sambo pun juga ramai menjadi perbincangan.

Di mata warga, ternyata sang jenderal dikenal sebagai sosok pejabat polisi yang kurang bersosial dan dikenal dengan kesibukan tugasnya.

Fakta itu diungkapkan warga di dekat kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Salah satunya kesaksian Wawan, tetangga sang jenderal. Ia membeberkan sosok Irjen Ferdy Sambo merupakan orang yang jarang bergaul dengan tetangga sekitar rumah.

“Jarang bergaul. Enggak ada (ikut kegiatan warga). Saya kan tetangganya di sini,” kata Wawan kepada wartawan, Kamis (14/7/2022).

Wawan menyebut Ferdy Sambo kerap menempati rumah yang menjadi lokasi baku tembak yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

Namun, sejak berdinas sebagai jenderal dengan jabatan Kasih Propam, Ferdy diketahui kerap pulang larut malam hingga dini hari.

Hal itulah yang membuat jenderal yang kariernya mentereng itu menjadi jarang bersosialisasi dengan tetangga di kompleks.

“Kalau yang itu, bapaknya yang nempatin. Cuman enggak nentu pulangnya kadang-kadang malam Jam 01.00 WIB malam, kadang ya Jam 02.00 malam,” ujar Wawan.

Meski demikian, rumah dinas sang Kadiv tersebut selalu tampak ramai. Namun hanya ajudan-ajudan yang kerap meramaikan rumah tersebut.

“(Rumah TKP baku tembak) Ramai ajudan-ajudan saja. Kan dia ada dua rumah di sini, rumahnya banyak dan di Kemang,” jelasnya.

Sebelumnya, dari penjelasan polisi, Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat alias Brigadir J yang merupakan ajudan Ferdy tewas ditembak mati oleh Bharada E di kediaman Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa Brigpol Yosua ditembak mati karena diduga melakukan pelecehan dan menodongkan pistol kepada istri Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

“Yang jelas gini ya, itu benar melakukan pelecehan dan menodongkan senjata dengan pistol ke kepala istri Kadiv Propam itu benar,” ujar Ramadhan saat dikonfirmasi, Senin (11/7/2022).

Ramadhan menuturkan bahwa fakta itu diketahui berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi.

Dua saksi yang diperiksa diantaranya adalah Istri Kadiv Propam dan Bharada E.

“Berdasarkan keterangan dan barang bukti di lapangan bahwa Brigadir J memasuki kamar pribadi Kadiv Propam dan melecehkan istri KadivPropam dengan todongan senjata,” ungkap Ramadhan.

Ia menuturkan bahwa Istri Kadiv Propam disebut berteriak akibat pelecehan yang diduga dilakukan Brigadir J.

Teriakan permintaan tolong tersebut pun didengar oleh Bharada E yang berada di lantai atas rumah.

Menurutnya, kehadiran Bharada E pun Brigadir J menjadi panik. Saat ditanya insiden itu, Brigadir J malah melepaskan tembakan kepada Bharada yang berdiri di depan kamar.

“Pertanyaan Bharada E direspon oleh Brigjen J dengan melepaskan tembakan pertama kali kearah Bharada E,” tukas Ramadhan.

Diketahui, Bharada E merupakan Anggota Brimob yang bertugas sebagai pengawal Kadivpropam. Sedangkan Brigadir J adalah Anggota Bareskrim yang ditugaskan sebagai Supir dinas istri Kadiv Propam. (

www.tribunnews.com)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com