JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Begini Maraknya Malam Tirakatan HUT ke-77 RI Warga Jesper  RT 06 RW 10 Gentan, Sukoharjo

Suara emas Arga yang melantunkan lagu Terpukau, terbukti mampu memukau hadirin di malam Tirakatan HUT ke-77 RI warga Jesper RT 06 RW 10 Gentan, Sukoharjo, Selasa (16/8/2022) malam / Foto: Suhamdani
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga Jetis Permai (Jesper) RT 06 RW 10, Kelurahan Gentan, Sukoharjo menyemarakkan  HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan menggelar tirakatan, Selasa (16/8/2022) malam.

Acara tirakatan yang bertabur hadiah dan doorprize itu dihadiri  oleh seluruh warga RT beserta keluarga, yang terdiri dari warga di Gang 11, 12 dan Gang 13.

Untuk membangkitkan semangat juang di kalangan warga, dilantunkan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan oleh sekelompok anak-anak.

Gelora semangat juang yang sudah diawali oleh anak-anak itu, kemudian diperkuat oleh bunda-bunda mereka, yang menyanyikan lagu Kebyar Kebyar ciptaan Gombloh.

Sebelumnya, dalam sambutan Ketua Panita Acara Eko Setyo Winanto mengatakan, malam tirakatan HUT RI tersebut bermanfaat untuk menyatukan seluruh warga RT 06 untuk mendukung kesatuan NKRI.

“Semuanya memang dimulai dari tingkat yang paling kecil, tingkat RT, dan jika itu dilakukan di seluruh RT, maka ruh persatuan akan bisa menjalar secara lebih luas,” tambah Eko Setyo kepada Joglosemarnews.

Ibu-ibu warga Jesper RT 06 RW 10 tengah menyanyikan lagu Kebyar Kebyar karya Gombloh / Foto: Suhamdani

Sementara itu, Ketua RT 06 RW 10, Cahyo Yuli Kristanto  sangat mengapresiasi keguyuban warga Jesper RT 06 RW 10 tersebut. Menurutnya, acara tirakatan itu terbukti menjadi media atau alat pemersatu bagi seluruh warga.

Cahyo mengakui, kerukunan warga tidak hanya terlihat dari malam tirakatan itu saja, melainkan sudah terentang dalam waktu yang panjang dan mewujud dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan keguyuban itu semakin terlihat mulai dari rangkaian lomba beberapa minggu sebelumnya. Baik di kalangan anak-anak, ibu-ibu maupun bapak-bapak,” beber Cahyo kepada Joglosemarnews.

Ia mencontohkan, dalam kehidupan sehari-hari, warga Jesper RT 06 RW 10 cukup antusias untuk diajak kerja sama, seperti kerja bakti untuk kebersihan atau pembangunan sarana untuk kepentingan bersama.

Artis Lokal

Adapun acara malam tirakatan tersebut berlangsung sangat meriah dengan penampilan duet maut antara sang gitaris, Rahardjo dan Arga, gitaris sekaligus merangkap vokal.

Duet tersebut menyumbangkan suara emasnya dengan mendendangkan dua buah lagu. Lagu pertama berjudul Terpukau.  Sesuai judulnya, lagu tersebut terbukti mampu  memukau seluruh warga yang hadir.

Belum selesai keterpukauan warga, dirangkai  kemudian dengan  lagu kedua berjudul Semua Tentang Kita karya Ariel Noah.

“Lagu Terpukau kami pilih, karena saya terpukau dengan kerukunan warga di Jesper RT 06 ini,” canda Arga sebelum tampil yang disambut tepuk tangan meriah.

Begitu pula, tembang  Semua Tetang Kita yang dipersembahkan, bukan sekadar menggambarkan  cinta secara individu. Namun dapat dimaknai sebagai cinta universal yang menggambarkan kebersamaan warga RT 06 yang sangat kental.

Untung saja, cuaca malam itu cukup cerah, sehingga membuat acara malam tirakatan berlangsung lancar tanpa gangguan. Acara diakhiri dengan lagu Kemesraan milik sang legenda Iwan Fals oleh ibu-ibu Jesper RT 06.

Sepanjang rangkaian acara, dilakukan pula pembagian hadiah untuk berbagai lomba yang digelar beberapa hari sebelumnya. Lomba-lomba tersebut merata dari  lomba yang diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu hingga bapak-bapak.

Mulai dari lomba sepeda hias untuk anak-anak,  lomba memasak nasi goreng, lomba memasukkan balpoint dalam botol dan lomba gulung setagen untuk ibu-ibu.

Sementara untuk bapak-bapak, ada dua jenis lomba yang digelar, yakni lomba bola volley dan lomba billard bola 8 dan bola 15. Menariknya,  sponsor untuk hadiah-hadiah dan doorprize tersebut berasal dari beberapa warga Jesper RT 06 RW 10 itu sendiri. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com