JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bendera Raksasa Panjang 77 Meter Lebar 8 Meter, Dikerjakan 17 Siswa SMKN 2 Ponorogo Jatim, Langsung Dibentangkan Saat Peringatan HUT ke-77 RI

Bendera raksasa
Pembentangan bendera raksasa di SMKN 2 Ponorogo Jatim. Dok. SMKN 2 Ponorogo Jatim
   

PONOROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fantastis, SMKN 2 Ponorogo membentangkan bendera raksasa sepanjang 77 meter lebar 8 meter dan dikerjakan 17 siswa dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Bendera raksasa SMKN 2 Ponorogo itu melewati tahapan proses penuh filosofis
Dimulai dari proses pengerjaannya yang dilakukan oleh 17 siswa menggambarkan tanggal kemerdekaan, dilanjutkan dengan lebar bendera yakni 8 meter yang menggambarkan bulan kemerdekaan dan yang terakhir panjang bendera bendera yakni 77 meter menggambarkan genapnya 77 tahun negara meraih kemerdekaan.

Bendera menggunakan bahan kain satin, yang bersifat ringan dan jatuh dimana nantinya akan memberikan kesan bergelombang saat bendera tersebut tertiup angin.

Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani membeberkan kegiatan kali ini cukup spesial dalam menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Terlebih dengan mengusung tema Bentuk Implementasi Profil Pelajar Pancasila dengan Wujud Pembentangan Bendera Raksasa.

Suasana pelaksanaan peringatan HUT ke-77 RI ini semakin meriah. Selain pembentangan bendera raksasa juga ada penampilan drama kolosal yang diperankan oleh siswa SMKN 2 Ponorogo yang berlangsung dengan penuh antusias.

Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani menerangkan, butuh kolaborasi yang baik bagaimana mimpi membentangkan bendera raksasa ini dapat terlaksana. Butuh proses yang panjang dalam mewujudkannya.

Darimana kainnya, dana yang harus dikeluarkan, siapa yang menjahitnya, dan juga target yang dibutuhkan dalam pembuatan bendera raksasa ini. Semua harus dipikirkan dengan matang.

“Sebuah karya yang digarap secara apik pastinya melibatkan beberapa pihak terkait, oleh karena itu saya harap tercipta kolaborasi yang baik antara UK Kesiswaan, OSIS, guru dan seluruh siswa. Sebagai Kepala Sekolah, saya mendukung penuh semua kegiatan untuk dapat mewujudkannya pembentangan bendera raksasa merah putih ini. Kita bantu dalam mencari sumber dana untuk pengadaan kain merah putih dari sponsorship dunia kerja dan rekanan. Alhamdulillah dan saya ucapkan terimakasih karena mereka juga sangat mendukung untuk pelaksanaan kagiatan ini. Disamping itu juga perlu ada pemberian piagam bintang kebaikan kepada guru dan siswa berprestasi,” ungkap Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani, dalam siaran yang diterima Rabu (17/8/2022).

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Sebenarnya bukan hal baru bendera raksasa dikibarkan guna memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun dengan filosofi dan proses pembuatan bendera raksasa yang dijahit langsung oleh siswa, menjadikan momen peringatan kali ini begitu spesial bagi warga SMKN 2 Ponorogo.

Menurut guru Tata Busana SMKN 2 Ponorogo Nila Mawarti, bendera raksasa ini sangatlah spesial. Dari segi proses pembuatan hingga makna dari bendera raksasa ini, tersirat kegigihan siswa dalam membuat bendera berukuran yang sangat fantastis tersebut.

“Dimulai dari proses pengerjaannya yang dilakukan oleh 17 siswa menggambarkan tanggal kemerdekaan, dilanjutkan dengan lebar bendera yakni 8 meter yang menggambarkan bulan kemerdekaan dan yang terakhir panjang bendera bendera yakni 77 meter menggambarkan genapnya 77 tahun negara kita meraih kemerdekaan. Selain itu bendera yang digadang-gadang menjadi tokoh utama drama kolosal ini menggunakan bahan kain satin, yang bersifat ringan dan jatuh dimana nantinya akan memberikan kesan bergelombang saat bendera tersebut tertiup angin”, tutur Nila Mawarti.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Selama pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari berbagai persiapan sampai pada hari H, mengimplementasikan profil pelajar Pancasila. Dimana ke-6 dimensinya selalu dijadikan pedoman dalam setiap kegiatan yang diadakan SMKN 2 Ponorogo. Ke-6 dimensi tersebut diantaranya adalah Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri

Siswa sangat bersemangat dalam pembuatan bendera raksasa ini. Khususnya siswa program keahlian Tata Busana,  mereka saling bahu membahu dalam peringatan HUT Republik Indonesia ke-77 ini dengan mempersembahkan bendera merah putih berukuran raksasa yakni 8×77 meter dengan penuh rasa bangga. Mereka menjahit bendera raksasa tersebut selama 2 hari dan bertempat di UP (Unit Produksi) Tata Busana.

“Ada beberapa kendala yang dihadapi, tetapi akhirnya kami bisa menghadapi itu semua. Seperti dalam proses penjahitan bendera raksasa, kami juga mendapat kesulitan. Selain ukurannya besar yang berbeda dengan bendera pada umumnya, bahan yang digunakan untuk membuat bendera raksasa itu sangat lembut dan licin membuat kami ekstra hati-hati dan teliti dalam proses pengerjaannya. Sekali salah, serat kain ini bisa saja rusak. Kami juga selalu menjaga bendera raksasa itu agar tetep bersih. Intinya kami merasa senang dan bangga karena bisa menjahit bendera kebanggaan Republik Indonesia, kami juga mengucapkan terima kasih sudah dipercaya untuk menjahit bendera raksasa tersebut,” tandas Mirna Dwi P siswa kelas XII Tata Busana SMKN 2 Ponorogo. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com