JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

BI Solo Layani Penukaran Uang Kertas Baru 2022, Begini Prosedurnya

Uang kertas baru emisi 2022. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo membuka konter penukaran pecahan uang rupiah kertas terbaru atau uang kertas emisi 2022 melalui mobil kas keliling. Sistem penukaran uang kertas terbaru tersebut dilakukam melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, meskipun konter penukaran uang kertas terbarubtelah dibuka namun warha yang ingin menukar dibatasi hanya dengan satu paket saja. Pasalnya, peluncuran uang kertas terbaru saat ini masih bersifat pengenalan.

“Kita batasi satu paket Rp 200.000. Isinya satu lembar Rp 100.000, satu lembar Rp 50.000, satu lembar Rp 20.000, satu lembar Rp 10.000, dua lembar Rp 5.000, empat lembar Rp 2.000 dan dua lembar Rp 1.000, totalnya Rp 200.000,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Sementara itu, Joko menambahkan pengedaran uang kertas baru emisi 2022 secara besar-besaran akan dilakukan melalui jalur perbankan. Untuk uang kertas emisi lama tetap berlaku sebagai alat pembayaran karena tidak ada pencabutan atau penarikan.

“Bank nanti mengambil ke kami (BI) terus mengedarkan ke nasabah. Kalau (nasabah) menarik uang maka akan beredar dengan sendirinya,” imbuhnya.

Joko mengatakan, peluncuran uang kertas emisi 2022 adalah penguatan uang kertas yang telah diedarkan sebelumnya. Dalam hal ini, gambar pahlawan maupun gambar kekayaan alam dan budaya yang ditampilkan dalam fisik uang masih tetap sama, hanya dilakukan penguatan.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

“Penguatannya dilakukan dari sisi peningkatan kenyamanan masyarakat, yakni dari segi ukuran. Jadi ukurannya sekarang berbeda untuk tiap pecahan. Semakin kecil itu juga semakin pendek untuk membantu membedakan antara pecahan yang besar dan pecahan yang kecil,” tuturnya.

Seperti diketahui, Bank Indonesia mengeluarkan tujuh pecahan uang rupiah kertas terbaru pada momen Hari Kemerdekaan. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com