JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Disuruh Berlutut, Brigadir J Diberondong 3 Kali oleh Bharada E, Diakhiri 2 Tembakan Irjen Sambo

Irjen Ferdy Sambo saat bersama para ajudannya termasuk almarhum Brigadir J (lingkaran merah), Bharada E (lingkaran kuning). Foto kolase/JSnews
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Drama Pembunuhan berencana Brigadir J yang diotaki mantan pimpinannya, Irjen Ferdy Sambo terus menguak cerita baru.

Terkini, mencuat informasi bahwa Sambo disebut ikut mengeksekusi sendiri Brigadir J dan menembak kepala ajudannya itu sebanyak dua kali.

Dua tembakan Sambo ke kepala Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dilesakkan setelah Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E menembak tiga kali terlebih dahulu.

Menurut sumber polisi seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi 15 Agustus 2022, Richard mengatakan Ferdy Sambo meminta Yosua yang sedang berada di teras rumah dinasnya di Kompleks Polri di Duren Tiga, Jakarta Selatan, masuk ke rumah pada pukul 17.11 WIB, pada Jumat, 8 Juli 2022.

Yosua diperintahkan untuk berlutut menghadap pintu kamar mandi di sebelah tangga lantai dasar.

Dari sumber polisi yang mengetahui proses pemeriksaan, menyampaikan Bharada E menembakan pistol sebanyak 3 kali hingga merobohkan rekannya itu.

โ€œRichard menembak pistol Glock 17 tiga kali ke arah Yosua. Tidak ada pemukulan atau interogasi,โ€ kata sumber polisi dikutip dari Majalah Tempo.

Yosua pun tersungkur terkena berondongan peluru Bharada RR. Tak puas, Ferdy Sambo kemudian mengakhiri eksekusi dengan dua tembakan ke belakang kepala Yosua.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Ia kemudian menembakan pistol Yosua ke arah tembok di sekitar tangga. Diduga tembakan itu diskenario untuk mengelabuhi seolah-olah terjadi tembak menembak.

Ferdy Sambo yang mengenakan sarung tangan hitam kemudian mengoleskan jelaga yang menempel di sarung tangan ke tangan Yosua.

Aksi keji Sambo juga selaras dengan pengakuan Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Ia menulis cerita tentang perintah Irjen Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Dalam tulisannya, Bharada E juga sempat menuliskan bahwa Sambo ikut menembak Brigadir J.

“Dia juga menyampaikan bahwa FS ikut menembak,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikutip Tempo.co, Senin (15/8/2022).

Keterangan ini didapat dari Bharada E saat menyampaikan cerita itu secara tertulis pada 5 Agustus 2022 lalu. Tulisan tangan itu dibuat Richard selama enam jam.

Menurut pengakuan Richard, Irjen Sambo mengakhiri eksekusi dengan menembak dua kali bagian belakang kepala Brigadir J.

Adapun perintah Sambo kepada Bharada E untuk menembak Yosua disampaikan di rumah pribadinya Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Dari rangkaian peristiwa tersebut, Listyo yakin penembakan terhadap Yosua memang direncanakan.

“Mengarah ke pembunuhan berencana sudah jelas,” kata dia.

Sebelumnya Komnas HAM mengungkapkan jika Ferdy Sambo adalah aktor utama pembunuhan Brigadir Yosua.

โ€œKami memeriksa ada satu ruang khusus. Dia mengakui sebagai aktor utama dari peristiwa ini,โ€ kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik pada Jumat (12/8/2022).

Ia menyebut Ferdy Sambo mengakui sejak awal merekayasa dan mendistorsi informasi agar peristiwa pembunuhan Brigadir J kasus tembak-menembak.

โ€œBeliau tadi mengakui itu adalah rancangan dia sendiri dan bersalah dalam tindakan itu,โ€ ujarnya.

Dalam kasus pembunuhan Brigadir J ini, tim khusus Polri telah menetapkan empat orang tersangka. Mereka adalah adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Maruf alias KM.

Keempat tersangka dijerat dengan pasal pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati, atau pidana penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com