JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Diwarnai Polemik, Pemdes Colomadu Tetap Optimis Kali Pepe Land Bisa Jadi Wisata Idola

Suasana Kali Pepe Land sebagai objek wisata baru di Desa Gawanan, Colomadu, Karangaanyar / Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemdes Gawanan, Colomadu, Karanganyar, Jateng optimis kehadiran objek wisata baru berbasis kuliner, yakni Kali Pepe Land akan besar dan menjadi idola kunjungan wisata warga Soloraya dan sekitarnya.

Pasalnya, objek wisata yang sebagian besar menggunakan lahan milik tanah kas Desa Gawanan tersebut lengkap dengan berbagai fasilitas.

Selain itu, keunggulan berupa taman buah, kolam renang dan bangunan unik serta berbagai tempat kulinernya mampu menarik pengunjung.

Terbukti, meski sedang tahap finishing pembangunan tempat wisata namun jumlah pengunjung selalu ramai hingga seribuan orang setiap malamnya.

“Bagi kami Pemdes Gawanan berpikir positif dengan menyewakan lahan seluas satu hektar maka multiplier effect perekonomian akan terangkat berdampak kesejahteraan warga,” ungkap Kades Gawanan, Colomadu, Murdiyanto (47) kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (11/8/2022).

Baca Juga :  UNS Kirimkan 15 Orang  Relawan Dokter Spesialis Tulang dan Bedah Serta Tim Medis dan Resque ke Cianjur

Apalagi dalam kontrak sewa tanah kas desa tersebut dengan catatan warga Desa Gawanan boleh berjualan ataupun bekerja di lokasi Kali Pepe Land.

 

Murdiyanto menjelaskan objek wisata itu merupakan perbatasan dua kabupaten antara Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar, yang terbelah sungai tetapi dibuat jembatan khusus untuk menghubungkannya.

Yang mana, lanjut Kades, lahan tanah kas Desa Gawanan yang digunakan hampir satu hektar, alias lebih luas dibandingkan lahan di Boyolali, hanya saja pintu masuknya melewati tanah masuk wilayah Kabupaten Boyolali.

“Namun justru dilahan satu hektar itu lebih ramai karena tempat kuliner berbagai macam dan warga Desa Gawanan bisa turut berjualan sehingga sewa lahan itu terbukti sangat bermanfaat,” tandas Kades Murdiyanto.

Baca Juga :  Survei Berkala SSR-MSI Tentang Pencegahan TBC di Karanganyar, 93% Berjalan Memuaskan,  Hanya Antrean Masih Panjang

Sementara itu terkait adanya polemik tentang perizinan  pemanfaatan lahan sungai di bawah kuasa Balai Besar Bengawan Solo (BBWS), Kades Murdiyanto mengaku itu ranah antara pemilik objek wisata Kali Pepe Land dengan BBWS.

Hanya saja, saat ini secara informal objek wisata tersebut sudah dipakai dan biaya masuk gratis.

“Untuk masalah perizinan terkait dengan BBWS bukan ranah kami karena kami hanya berada di ranah kerjasama, yakni menyewakan objek wisata,” pungkas Kades Murdiyanto. Beni Indra

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com