JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Hindari 5 Hal ini Saat Mengisi BBM di SPBU, Ini Alasannya

Ilustrasi kendaraan sedang mengisi BBM, Triawati
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU merupakan rutinitas yang dilalukan banyak orang saat BBM di kendaraan mulai menipis atau akan habis.

Saat mengisi BBM, ada beberapa peraturan yang harus ditaati. Meski telah menjadi kebiasaan, banyak orang yang tidak mengindahkan ragam peraturan di tempat yang rawan kebakaran ini. Misalnya, tidak benar-benar mematikan mesin mobil ketika mengisi bahan bakar di SPBU.

Mengutip dari daihatsu.co.id, berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat mengisi bensin:

1. Mengisi Daya Gawai di Mobil

Perlu diketahui bahwa tegangan listrik dari mobil untuk mengisi gawai biasanya bersifat kurang stabil sebab putaran mesin mobil yang naik dan turun. Lebih lagi, listrik mobil biasanya digunakan untuk penerangan dalam mobil, pendingin, dan audio, bukan untuk mengisi daya gawai. Alhasil, tindakan ini berpotensi meledakan gawai sehingga membakar bagian mobil lain, terlebih lagi saat pengisian bahan bakar.

2. Merokok di Sekitar Area SPBU

Sudah selayaknya menjadi perhatian bersama, merokok di sekitar area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU bukanlah tindakan yang bijak. Sebab, adanya uap bensin di sekitar kendaraan dan kemungkinan tumpahan bensin di sekitar sangat berpotensi terbakar oleh percikan api dari rokok.

3. Tidak Mematikan Mesin Kendaraan

Sebagaimana dilansir oleh daihatsu.co.id, ketika mesin kendaraan tidak dimatikan, maka listrik mengaliri bagian-bagian mobil, seperti aki, kabel busi, dan sejenisnya. Oleh karena itu, pengisian bahan bakar dalam kondisi mesin yang menyala sangatlah berbahaya dan berisiko. Sebab, aliran dan putaran listrik memiliki potensi untuk memercikan api yang dapat membakar uap bensin dan kendaraan Anda.

4. Menggunakan Telepon Seluler

Meskipun masih menjadi perdebatan akademis, penggunaan telepon seluler tidak disarankan di sekitar area SPBU. Salah satu pemikiran logis di balik larangan tersebut adalah telepon seluler berpotensi mengurangi kewaspadaan penumpang sehingga dapat menimbulkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di sekitar area.

5. Mengisi Bensin secara Berlebihan

Tidak dimungkiri beberapa orang sering kali mengisi bahan bakar hingga menetes atau tumpah ke tubuh kendaraan. Tetesan tersebut berpotensi menimbulkan kebakaran di sekitar area. Selain itu, dikutip dari daihatsu.co.id, mengisi bensin hingga berlebihan sama halnya dengan mengendarai kendaraan dengan tangki kosong, yaitu sama-sama berbahaya dan rawan bencana.

Itulah lima tindakan yang harus dihindari sewaktu mengisi Bahan Bakar Minyak atau BBM di SPBU. Sebab, selain dapat mencelakakan diri sendiri, pelanggaran terhadap lima poin di atas juga akan merugikan orang lain.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com