JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kendati Pendaftaran Parpol Dilayani Pusat, KPU Wonogiri Buka Helpdesk

Helpdesk
Helpdesk KPU Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – KPU Wonogiri membuka helpdesk pemilu kendati pendaftaran parpol dilayani pusat.

Sebagaimana diketahui KPU telah membuka pendaftaran partai politik peserta Pemilu Serentak 2024 sejak Senin (1/8/2022).

Pendaftaran itu berlangsung selama 14 hari ke depan atau hingga Minggu (14/8/2022) mendatang, dimana pendaftaran dilakukan oleh DPP Parpol langsung ke KPU RI.

Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, mengatakan kendati proses pendaftaran dilakukan di pusat, KPU di wilayah membuat helpdesk di kantor masing-masing bagi parpol terkait pendaftaran itu.

“Di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota ada Satker yang melayani terkait verifikasi dan pendaftaran parpol peserta Pemilu Serentak,” kata dia, Rabu (3/8/2022).

Helpdesk tersebut bisa dimanfaatkan oleh parpol jika menemui kendaraan terkait persiapan pendaftaran dan persiapan verifikasi di tingkat kabupaten.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

Menurut Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, helpdesk tersebut mulai difungsikan sejak Senin (1/8/2022) lalu. Sementara jam kerja, dilayani mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

“Pas hari terakhir tanggal 14 Agustus nanti, pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 23.59 WIB. Itu yang kita siapkan, petugasnya sudah jelas,” terang dia.

Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi menuturkan, hingga Rabu (3/8/2022) pagi baru ada satu Parpol yang mendatangi helpdesk KPU Wonogiri untuk berkonsultasi, yakni Partai Kedaulatan.

Lalu kenapa pendaftaran Parpol dipusatkan ke KPU RI, namun di KPU wilayah dibentuk layanan helpdesk untuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Parpol?

Baca Juga :  Waduh, Hanya Setengah Bulan Telah Terjadi 564 Kasus Pidana dan 877 Kecelakaan Lalulintas

Menurut Toto, DPP Parpol nantinya akan memberikan Bimtek soal pendaftaran ke DPC Parpol. Sehingga, bila di tingkat DPC menemukan kesulitan, bisa berkonsultasi dengan KPU di wilayah.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapatnya dari KPU RI sudah ada 48 Parpol yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024.

“Partai nasional ada 40, delapan partai lainnya itu partai lokal Aceh. Itu setiap hari diupdate di media sosial KPU RI,” jelasnya.

Di bagian lain, Toto menerangkan usai proses pendaftaran rampung, dilanjutkan dengan proses verifikasi. Adapun verifikasi yang dilakukan adalah verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Khusus partai yang lolos parliamentary threshold (PT) hanya dilakukan verifikasi administrasi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com