JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

Yogurt. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Vitamin D meruapakan salah satu jenis nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin D adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak sehingga vitamin ini bisa disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu lama.

Vitamin ini berperan sangat signifikan bagi kesehatan, khususnya untuk tulang dan gigi. Melansir nhk.uk, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang seperti rakhitis dan nyeri tulang.

Asupan vitamin D perlu diperhatikan supya tubuh mendapatkannya dengan cukup. Sumber utama vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari. Karena sifatnya yang larut dalam lemak, vitamin D juga dapat dipenuhi dari makanan. Lantas, makanan apa saja yang kaya akan vitamin D?

Baca Juga :  Setiap Hari Harus Minum Air Putih Berapa Gelas?

Ikan Salmon

Dilansir webmd.com, ikan salmon dikenal sebagai makana kayar vitamin D yang bagus. Jumlah vitamin D dalam salmon bervariasi tergantung di mana salmon ditangkap. Selain salmon, beberapa jenis ikan lainnya, seperti mackerel dan herring juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup baik.

Telur

Telur adalah makanan berikutnya yang juga kaya akan vitamin D. Dikutip nhs.uk, sebagian besar protein dalam telur ditemukan dalam putih telur. Sementara lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Meskipun demikian, telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin D lebih tinggi dibandingkan telur ayam negeri.

Jamur

Melansir myfooddata.com, jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D non-hewani yang memberikan asupan vitamin D, khususnya jenis vitamin D2 yang cukup. Sebaiknya, konsumsi jenis jamur yang mendapatkan paparan sinar UV secara langsung. Salah satu jenis jamur yang direkomendasikan adalah jamur jenis Morels.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Susu sapi

Melansir healthline.com, susu sapi adalah makanan berikutnya yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin D. Susu sapi merupakan sumber nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin.

Yogurt

Dilansir webmd.com, makanan berikutnya yang bisa dijadikan sumber vitamin D adalah yogurt. Agar mendapatkan asupan vitamin D secara maksimal, sebaiknya konsumsi yogurt tawar dan rendah lemak untuk mengurangi gula, lemak, dan kalori.

www.tempo.co

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com