JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Opor Ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri, Dijamin Bikin Nagih Hanya Sajikan Daging Ayam Jago loh

Opor ayam
Opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penggemar opor ayam mari merapat. Kenalkan ini ada opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri.

Dijamin opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri ini bikin nagih. Terlebih hanya menggunakan daging ayam jago alias ayam jantan.

Warna kuning khas, dapat dijumpai di opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri. Dagingnya tidak alot, bumbunya meresap hingga ke dalam daging.

Warung opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri berada di Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Tepatnya di samping Mapolsek Giriwoyo tak jauh dari Pasar Giriwoyo Wonogiri.

Saat ini warung opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri dikelola oleh anak-anaknya secara turun temurun. Secara administratif warung makan opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri berada di Lingkungan Brak Kidul RT 1 RT 2 Kelurahan/Kecamatan Giriwoyo.

Salah satu putra Rumi, Samsudi beberapa waktu lalu menyebutkan, setiap hari warung opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri buka. Hanya saja bergantian dengan saudaranya yang lain.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

“‘Kan ada tiga warung di area ini,โ€ kata Samsudi, putra Rumi.

Dia adalah generasi ketiga usaha opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri itu. Usaha itu sudah dirintis oleh Bakri, ayah dari Rumi sejak 1970. Namun saat itu hanya jual tahu dan tempe yang dimasak opor. Sejak diwariskan kepada Rumi, opor ayam kampung menjadi menu andalan warung legendaris itu.

Opor ayam itu dikenal sangat empuk dan kaya rasa. Untuk proses memasak ayam membutuhkan waktu berjam-jam.

Dalam satu hari 25 ekor ayam dimasak di warung opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri itu. Semuanya ayam pejantan alias ayam jago.

Ketika ada pembeli opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri itu disajikan dengan nasi hangat. Dilengkapi sayur buah pepaya muda yang dimasak dengan bumbu kuning dan oseng cabai.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Disabilitas Segera, Ada 78 Formasi, Berminat?

Saking legendarisnya, para pengusaha asal Pacitan yang hendak kulakan di Solo kerap mampir di warung yang juga sejalur dengan tujuannya. Tak hanya itu, Samsudi mengaku pernah ada warga Giriwoyo yang ngidam opor kepala ayam kampung dan dititipkan kepada keluarganya.

โ€Terus diterbangkan ke Jakarta, dua jam perjalanan udara,โ€ kata Samsudi.

Harga satu porsi opor ayam kampung bervariasi. Tergantung bagian ayam yang diminta konsumen. Paling mahal adalah seporsi opor ayam dengan bagian dada yang dibanderol Rp 25.000.

Warung itu mulai buka pukul 05.00 WIB Sedangkan waktu tutupnya tak menentu, sampai dagangan habis. Jika pukul 10.00 dagangan sudah habis otomatis warung langsung tutup.

Salah satu pelanggan setia warung itu adalah Camat Giriwoyo Fuad Wahyu Pratama. Dia mengatakan bumbu opor yang kental di warung itu sangat khas. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com