JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Sambut Panen Tembakau, Warga Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali Gelar Kirab Gunungan Tembakau dan 77 Bendera Merah Putih

Kirab gunungan tembakau di Kecamatan Cepogo, Boyolali, Sabtu (13/8/2022) / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga Dukuh Candirejo, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali menggelar kirab gunungan tembakau pada Sabtu (13/8/2022).

Turut dikirab sebanyak 77 bendera merah putih untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus. Kegiatan pun mendapat sambutan meriah warga.

Kirab digelar dua kali. Pertama, kirab sesaji dan hasil bumi menuju Candi Sari di Desa Gedangan. Sesaji kemudian dibawa ke halaman Candi Sari dan dilakukan doa bersama. Kegiatan mendapat sambutan meriah warga.

Untuk kirab kedua berupa empat gunungan tembakau serta hasil bumi setempat. Ada jagung, ketela pohon dan aneka hasil sayuran.

Baca Juga :  Polres Boyolali Gelar Sidang Tipiring di Luar Kantor Pengadilan, Semua Terkait Kepemilikan Ciu

Empat gunungan tembakau terdiri dari satu gunungan tembakau hijau, satu gunungan tembakau matang, satu gunungan tembakau kering dan satu gunungan tembakau rajangan kering.

Turut dikirab 77 buah bendera merah putih yang dibawa para siswa. Usai dikirab, ke-77 bendera merah putih tersebut kemudian dikibarkan berderet dengan tiang bambu di tengah areal ladang tembakau.

Ditemui wartawan usai acara, panitia Andrean Rega menjelaskan, kirab tersebut dilakukan untuk mengawali panen tembakau. Sekaligus sebagai doa agar panen tembakau lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Empat gunungan tembakau menggambarkan tahapan tembakau dari tembakau hijau hingga panen dan rajangan kering siap jual,” katanya.

Baca Juga :  Boyolali Waspada! Dua Pasien DBD Kembali Meninggal Dunia, Total Sudah 7 Pasien

Disinggung tentang kualitas tembakau saat ini dibandingkan tahun sebelumnya, Rega mengaku kualitas lebih baik pada panen kali ini. Demikian juga untuk harga tembakau rajangan. Tahun lalu hanya dihargai Rp 85.000/kg.

“Namun untuk awal panen tahun ini, tembakau rajangan kering sudah dihargai Rp 90.000/kg,” ujarnya.

Ditambahkan, secara kebetulan, kirab tersebut juga hampir bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus. Sehingga warga sepakat untuk sekaligus merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan kirab 77 bendera.

“Jumlah bendera ini melambangkan HUT Kemerdekaan yang ke 77 tahun.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com