JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Wisata Kali Pepe Land Bikin Kesengsem Pelaku Pariwisata Jawa Tengah

Suasana Kali Pepe Land pada siang hari, terlihat bersih dan rapi, cocok untuk public area / Foto: ASA
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Asosiasi Pelaku Pariwisata Jawa Tengah (PPJT) terkesima dengan tujuan wisata baru, Kali Pepe Land yang berada di kawasan Surakarta bagian utara atau tepatnya masuk wilayah Gagak Sipat, Kabupaten Boyolali dan Gawanan, Colomadu Karanganyar, Jawa Tengah.

Seratusan anggota PPJT Jawa Tengah hadir di Kali Pepe Land, Rabu (3/8/2022) dalam tajuk Famtrip Pelaku Pariwisata Jawa Tengah. Kali Pepe Land di Gagaksipat menjadi salah satu tujuan.

Para penggerak sektor pariwisata di Jawa Tengah ini ingin melihat dari dekat obyek wisata baru Kali Pepe Land tersebut. Apalagi setelah diberitakan media, keberadaan Kali Pepe Land mulai dikenal masyarakat luas. Karena itulah mereka menyempatkan untuk mengunjungi lokasi ini.

“Kami terkesima dan kesengsem dengan Kali Pepe Land. Ini menggabungkan wisata kuliner, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata seni hiburan dan juga pemanfaatan alam yakni sungai. Lokasinya juga sangat strategis. Sangat potensial untuk dikembangkan,” kata Ketua Pelaku Pariwisata Jawa Tengah (PPJT), Abu Rizal saat berbincang dengan wartawan, Rabu (3/8/2022) di Kali Pepe Land.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan
Puspo Wardoyo (kiri), owner Kali Pepe Land menerima cindera mata dari Ketua PPJT. Foto: dok

Apalagi, di tengah kebangkitan pariwisata pasca hantaman pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir, maka keberadaan Kali Pepe Land juga menjadi penyemangat dunia wisata.

“Menurut saya, ini kawasan wisata yang unik ya. Karena terdapat di pinggiran sungai. Menggabungkan berbagai sektor wisata mulai kuliner, seni budaya, wisata air, wisata edukasi dan lainnya. Lengkap ini,” tambahnya.

Dikatakan, pertumbuhan pariwisata Jawa Tengah saat ini tengah bagus. Banyak sekali venue baru bermunculan dengan keunggulan masing-masing. “Sehingga, bisa menjadi alternatif pilihan-pilihan disamping wisata yang telah ada. Dan Kali Pepe Land punya kekhasan tersendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Owner Kali Pepe Land, Puspo Wardoyo mengatakan, pihaknya ingin merangkul semua pihak untuk lebih mengenalkan destinasi wisata Kali Pepe Land. Tempat wisata yang berada di dua kawasan yakni Kabupaten Karanganyar dan Boyolali ini menyimpan banyak potensi untuk disinergikan dengan banyak pihak.

“Selain pemanfaatan kawasan tepian sungai untuk wisata, juga bisa untuk menggerakan perekonomian masyarakat sekitar. Sehingga, masyarakat juga ikut merasakan dampak positifnya dari kehadiran Kali Pepe Land ini,” jelas Puspo yang juga pengusaha kuliner sukses dari Kota Solo ini.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Puspo berharap, dengan lebih memperbesar gaung destinasi wisata Kali Pepe Land tersebut, maka akan mampu mendatangkan wisatawan baik dari di wilayah eks Karesidenan Surakarta maupun dari luar wilayah.

 

“Dengan begitu, mampu mendatangkan dua manfaat. Selain mengenalkan wisata berbasis aliran sungai. Juga, meningkatkan nilai perekonomian untuk masyarakat sekitar,” katanya.

Ditambahkan Puspo, Kali Pepe Land adalah konsep wisata yang menggabungkan sejumlah destinasi, mulai kuliner, edukasi, wisata air, wisata seni dan hiburan, wahana anak dan lainnya.

“Ini model paket baru di kawasan Surakarta. Jarak dari Kota Solo juga dekat dan mudah dijangkau hanya 25 menit. Kemudian ada penginapan dengan harga terjangkau. Ada juga paket outbond, kemah, arum jeram, pelatihan bisnis (cara berbisnis),” ungkapnya.

Panggung hiburan sendiri ada tiga buah. UMKM juga diberi ruang mencari keuntungan di lokasi ini. “UMKM silakan bisnis di sini. Kami kasih tempat, gak usah bayar sewa. Lokasi ini untuk kerjasama dengan masyarakat UMKM,” kata Puspo.(ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com