JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ajari Siswa SDN 1 Ngaru-aru Kurangi Sampah dengan Kreatif, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 99 UNS

Para siswa SDN 1 Naru-aru tampak asyik membuat pot gantung dari sampah botol plastik di bawah bimbingan mahasiswa KKN 99 UNS / Foto: Istimewa
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Tidak selamanya barang-barang bekas itu tak berguna dan akhirnya hanya dibuang begitu saja.

Namun, dengan sentuhan kreativitas, barang-barang bekas bisa disulap menjadi benda-benda kerajinan yang cantik dan menarik.

Hari Anak Nasional (HAN) tanggal 31 Juli 2022 lalu, digunakan sebagai momentum bagi mahasiswa KKN kelompok 99 UNS untuk mengenalkan trik menyulap barang bekas menjadi kerajinan yang menarik dan ramah lingkungan.

Selaras dengan konteksnya Hari Anak Nasional, mereka mengenalkan teknik tersebut kepada para siswa di SD Negeri Ngaru-aru 1, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak disadarkan untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di lingkungan sekitar untuk dikreasi menjadi produk yang menarik.ย  Salah satunya, anak-anak diajari membuat pot tanaman dengan menggunakan botol plastik bekas.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para ย Supeltas
Mahasiswa KKN 99 UNS tengah berfoto bersama dengan guru dan siswa SDN 1 Ngaru-aru / Foto: Istimewa

Meireza Putri Ardiyanti selaku penanggung jawab dari kegiatan tersebut menjelasan, dalam membuat kerajinan tersebut,ย  tidak banyak bahan yang digunakan.

Bahan-bahan yang digunakanย  hanyalah botol-botol bekas, cat acrylic, kuas, tali dan juga tanaman beserta medianya. Guru-guru dan para siswa bahkan terlihat antusias dalam kegiatan ini.

Kreativitas juga terlihat ketika siswa menghiasi pot botol mereka masing-masing. Pot dari botol bekas yang sudah selesai dihias dan sudah diberi tali kemudian dibantu mahasiswa KKN 99 UNS memasukkan bibit tanaman ke setiap botol mereka, lalu pot tersebut dipasang di dinding sekolah.

Deny Wijaya selaku Ketua KKN 99 menjelasan, kegiatan tersebut bertujuan mengajak anak-anak untuk ย mencintai lingkungannya, yang salah satunya dengan memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan menjadi sebuah benda kerajinan yang menarik.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Selain itu, kegiatan tersebut jugaย  bermanfaat untuk meningkatkan rasa empati dan tanggung jawab anak-anak terhadap lingkungan sekitar, khususnya sekolah.

โ€œAnak juga belajar untuk membuat produk yang kreatif, murah, hemat dan sekaligus mengurangi sampah,โ€ ujarnya.

Untuk diketahui, tim KKN kelompok 99 UNS terdiri dari 10 orang personel, yang masing-masing adalah Deny Wijaya, Faizal Fajar Ramadhan, Millenia Azizah Rahim, Khotijah Utami, Lisa Rosamina, Deva Pramudya Rachmawati Putri, Meireza Putri Ardiyanti, Ayu Noviana, Frestiana Nur Risam Bhaktiar dan Septia Salsha Putri Hatija. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com