JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Anies Baswedan Nyatakan Siap Nyapres, Non Partisan Bikin Partai Lebih Nyaman Mengusung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan / Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski tidak memiliki kendaraan politik, namun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan justru merasa bebas untuk berkomunikasi denan parti politik manapun.

Bersamaan dengan ini, Anies menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.

“Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya,” kata Anies, Kamis (15/9/2022).

Anies menyebut hasil survei yang kerap memposisikan namanya dalam tiga besar capres terjadi sebelum dia mulai berkampanye. Menurutnya, hasil survei bakal memberikan kredibilitas lebih baginya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali, menilai apa yang dikatakan Anies merupakan hal yang wajar.

Pasalnya, kata dia, selama ini popularitas dan elektabilitas Anies dalam setiap survei menunjukkan hasil yang konsisten.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Anies dinilai menarik bagi parpol yang ingin menjadi wadah untuk mencari pemimpin.

“Menjadi menarik karena Anies bukan anggota parpol. Langkah Anies mengatakan kesiapannya lebih awal perlu diapresiasi,” kata Ali kepada Tempo, Kamis, 15 September 2022.

Nama Anies Baswedan masuk dalam tiga bakal capres yang akan diusung oleh Partai NasDem. Selain Anies, dua nama lainnya adalah Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.

Ketiganya diumumkan langsung oleh ketua umum, Surya Paloh, dalam forum rapat kerja nasional (rakernas) pada medio Juni lalu.

Ali menjelaskan, Anies memang sudah digandeng oleh NasDem. Sebab, rakernas memutuskan untuk mengusung Anies menjadi bakal capres. Ali menyebut partainya juga sedang dalam proses penjajakan dengan partai lain untuk menawarkan figur, termasuk Anies.

“Anies sudah digandeng oleh NasDem, sudah jadi putusan rakernas,” kata Ali.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Menurutnya, Anies menarik untuk dilirik parpol karena capaiannya kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Anies juga dinilai mampu merawat keindonesiaan di DKI Jakarta.

Hasil survei terhadap elektabilitas Anies menjadi nilai tambah untuk mengusung mantan Menteri Pendidikan ini sebagai capres.

“Dia bukan partisan parpol, artinya partai akan lebih nyaman mengusung karena bukan parpol. Ini sangat sejalan dengan visi Pak Surya Paloh yang ingin menjadikan NasDem sebagai wadah bagi pemimpin,” ujarnya.

Kendati begitu, Ali mengatakan partainya masih menggodok satu nama yang bakal diusung sebagai capres.

“Jadi kita lihat saja nanti seperti apa di NasDem, karena Anies Baswedan jadi salah satu nama yang diputuskan, tentunya menjadi salah satu figur,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com