JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

ASYIK, Wisatawan di Yogyakarta Bakal Bisa Nikmati Pemandangan dari Udara dengan Pesawat Microlight

Pesawat microlight dalam ajang Jogja Air Show 2022 di Pantai Depok Bantul. Tempo.co/Dok.istimewa
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Yogyakarta meluncurkan wahana wisata baru aerowisata. Peluncurlan dilakukan pada even Jogja Air Show (JAS) yang berlangsung Jumat-Minggu, 23-25 September 2022.

Komandan Landsan Udara (Danlanud) Adisucipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI Azhar Aditama mengatakan aerowisata yang ditawarkan ini nantinya bakal memfasilitasi wisatawan untuk melihat pemandangan Yogyakarta dari udara dengan menggunakan jenis pesawat microlight.

Menurut Marsma TNI Azhar Aditama, aerowisata ini secara resmi akan diluncurkan pada bulan depan.

“Rencananya aerowisata ini mulai diluncurkan resmi bulan depan,” ujar Azhar Sabtu, (24/9/2022).

Azhar mengungkapkan dalam wahana aerowisata ini menggunakan pesawat microlight yang dimiliki Lanud Adisucipto Yogyakarta.

“Saat ini Lanud Adisucipto memiliki 22 unit pesawat microlight, ukuran kecil dan hanya mampu membawa 1-2 penumpang saja,” kata dia.

Satu pesawat itu bisa diisi untuk satu pilot dan satu penumpang. “Tapi ada juga yang satu pesawat bisa diisi tiga orang,” katanya.

Di Banyak Negara Sudah Banyak Wahana Jasa Aerowisata

Azhar menuturkan saat ini sudah banyak negara menyediakan wahana jasa aerowisata. Untuk memastikan keselamatan wisatawan yang menjajal aerowisata itu nanti juga diberikan jaminan asuransi. “Untuk fasilitas hingga hingga sistem keasuransian sudah, tinggal menunggu peraturan pemerintah daerah,” kata Azhar menambahkan.

Apalagi, potensi aerowisata Yogyakarta masih sangat besar untuk digali dari berbagai sisi. Lewat aerowisata, Azhar juga ingin mengubah paradigma bahwa dunia penerbangan merupakan sesuatu yang eksklusif dan mahal.

Azhar telah mencoba terbang berkeliling di atas langit Yogyakarta untuk melihat langsung kondisi di bagian utara Yogyakarta. Dari langit, dia menyaksikan Gunung Merapi yang kini sedang aktif mengeluarkan lahar hingga kondisi pantai selatan dengan pesisir yang eksotis dan membentang di tiga kabupaten.

Tiga Lokasi Jogja Air Show

Pada perhelatan Jogja Air Show tahun ini, TNI AU bersama Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) mempusatkan kegiatan di berbagai titik di Yogyakarta. Sekretaris Jenderal FASI Marsekal Pertama TNI Fajar Apriyanto menyebut pada ajang kali ini ada tiga titik yang menjadi tempat penyelenggaraan. Yakni kawasan Lanud Adisutjipto, Landasan Pacu Pantai Depok Bantul dan Embung Sriten Gunungkidul.

Jogja Air Show merupakan kegiatan kedirgantaraan yang rutin diadakan Pangkalan Udara Adisutjipto. Kegiatan ini biasa menjadi wadah bagi atlet olahraga dirgantara untuk mengukir prestasi. Pada tahun ini, setelah badai pandemi Covid-19 yang melumpuhkan pariwisata, acara ini digelar untuk menarik wisatawan datang ke Yogyakarta.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com