JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bikin Lampu Hias dari Pipa Bekas, Raup Cuan Sekaligus Kurangi Sampah Lingkungan

Lampu hias
Pelatihan pembuatan lampu hias dari pipa bekas. Dok. STAIMAS Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Bikin lampu hias dari pipa bekas, raup cuan sekaligus kurangi sampah lingkungan.

Pelatihan pembuatan lampu hias dari pipa bekas ini dilaksanakan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat atau KPM Tematik STAIMAS Wonogiri untuk pemuda di Posko Kelompok 1 KPMT di lingkungan Sambitileng RT 2 RW 7, Kelurahan Purwantoro Kecamatan Purwantoro Wonogiri.

Pelatihan pembuatan lampu hias dari pipa bekas digelar beberapa waktu lalu.

Mahasiswa KPM Tematik STAIMAS Wonogiri menggandeng pelajar usia SMP dan SMA di lingkungan itu untuk memanfaatkan pipa bekas.

Baca Juga :  Turnamen Voli Umbruk Cup I Desa Gondangsari Jatisrono Wonogiri, Berikut Tim yang Meramaikan

“Kami memberikan pelatihan dan pengarahan pembuatan lampu hias yang memiliki potensi nilai jual,” ujar mentor pelatihan, Muhammad Qodri.

Mahasiswa Prodi PAI itu mengajak praktik para peserta. Dia mengungkapkan, pipa paralon bekas dan ember bisa dimanfaatkan untuk membuat hiasan lampu. Jika sudah dihias dan dicat harga hiasan lampu itu bisa mencapai Rp 100.000.

“Barang-barang bekas bisa didaur ulang. Kurang lebih butuh waktu tiga jam untuk menyelesaikan satu hiasan,” tutur Qodri.

Koordinator Lapangan (Korlap) KPM Tematik STAIMAS Wonogiri Kelompok 1, Maulana Iskandar menuturkan program kerja KPM Tematik berupaya fokus kepada realisasi tema besar KPM Tematik. Yaitu Membangun Desa Kreatif dan Inovatif dalam Bidang Bisnis dan Kewirausahaan dengan Optimalisasi Digital Marketing.

Baca Juga :  Kepala Madrasah dan Guru Agama Baturetno Wonogiri Jadi Tersangka dan Ditahan Polisi Buntut Kasus Cabul 12 Anak

“Saya berharap melalui pelatihan itu bisa menginspirasi para pemuda untuk lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan barang bekas agar memiliki nilai jual,” kata Maulana.

Lelaki yang menjabat sebagai Sekretaris Prodi PAI itu menambahkan, pelatihan tersebut sekaligus sebagai salah satu langkah mengurangi sampah yang berpotensi mencemari lingkungan. Aris Arianto

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com