JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Demi Tetap Sehat di Usia Senja, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 63 UNS terhadap Kaum Lansia di Desa Kamal

Ibu-ibu usia lanjut di Desa Kamal terlihat antusias mengikuti senam Lansia yang digelar oleh tim mahasiswa KKN kelompok 63 UNS / Foto: Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Tetap sehat di usia lanjut usia (Lansia), tentu menjadi idaman banyak orang. Tidak terkecuali bagi kaum Lansia di wilayah Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Untuk menjaga kesehatan kaum Lansia di usia senja, mahasiswa KKN kelompok 63 UNS bersama dengan dosen pendamping lapangan, Dr.Sri Santoso Sabarini, M.Or., menggelar program kegiatan senam Lansia  yang bekerja sama dengan Posyandu Lansia Kenanga Desa Kamal.

Program kegiatan tersebut selaras dengan tema utama KKN yang mereka usung, yakni “Peningkatan Kualitas Masyarakat di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kemasyarakatan, Pengembangan Sumber Daya dan Teknologi, serta Pengelolaan Lingkungan”.

Pembagian doorprize kepada peserta senam Lansia yang diselenggarakan oleh tim mahasiswa KKN kelompok 63 UNS di Desa Kamal / Foto: Istimewa

Program menyehatkan dan mengolahragakan kaum Lansia di Desa Kamal tersebut, bukannya tanpa alasan. Program tersebut dilatarbelakangi kondisi masyarakat di sana yang mayoritas berusia Lansia, karena warga usia produktif banyak yang merantau.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Karena itulah, secara tak langsung kaum Lansia di Desa Kamal merasa perlu sehat secara mandiri dan tanpa menggantungkan kepada yang muda.

Terbukti, walaupun sudah memasuki usia Lansia, mereka tidak kehilangan semangat untuk berolahraga demi meningkatkan kesehatan jasmani mereka, salah satunya melalui kegiatan senam Lansia.

Melalui koordinasi dengan Widodo selaku Kepala Desa Kamal dan Tentrem, A.Md.Keb. selaku bidan, kegiatan senam Lansia tersebut dilaksanakan pada Sabtu (13/8/2022) pagi di balai desa Kamal.

Mahasiswa KKN kelompok 63 UNS berfoto bersama dengan para peserta senam Lansia di Desa Kamal / Foto: Istimewa

Acara tersebut makin meriah karena bertaburan dengan doorprize yang telah disiapkan oleh rekan-rekan mahasiswa KKN kelompok 63 UNS.

Kegiatan senam Lansia berjalan dengan lancar, di mana seluruh peserta yang sudah berusia senja itu, merasa senang dengan adanya kegiatan senam Lansia tersebut.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

“Wah, mending Mas dan Mbak KKN di sini aja terus. Setiap minggu bisa diadakan kegiatan senam Lansia, supaya para Lansia di sini bisa happy dan sehat,” kata salah satu peserta senam Lansia tersebut.

Melalui program Senam Lansia tersebut,  mahasiswa KKN Kelompok 63 UNS berharap para Lansia di Desa Kamal mampu bangkit dan kuat di bidang kesehatan.

Untuk diketahui, tim KKN kelompok 63 UNS terdiri dari 10 personel yan masin-masin adalah Krisna Murti (Ketua), Sherlin Tazkiya Nur Salsabila, Shofia Shinta Adityaningrum, Adi Saputra, Khoiri Yahya Afifah, Desi Puspitasari, Syifa Ayu Laluna, Rifai Agung Prihananto, Devi Dwiyanti dan Maydilla Putri Millenia. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com