JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Demo BBM di Solo, Mahasiswa Bawa Poster: 3 Periode Rakyat Jadi Gembel!

Salah satu poster berisi sindikat 3 periode rakyat jadi gembel yang dibawa mahasiswa dalam aksi demo menolak kenaikan harga BBM di depan DPRD Solo, Kamis (8/9/2022). Foto/Prihatsari

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ribuan mahasiswa dari Soloraya mengepung Gedung DPRD Solo, Kamis (8/9/2022). Mereka melakukan aksi demo damai menuntut penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

Mahasiswa dari berbagai badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Soloraya itu juga membawa sejumlah poster dengan berbagai tulisan menolak kebijakan kenaikan harga BBM.

Menariknya di antara sejumlah poster ada satu poster yang bertuliskan menarik.

Poster itu bertuliskan sindiran kondisi rakyat dengan kenaikan BBM. Seolah menyindir wacana 3 periode, dalam poster itu dituliskan “1 istri kaya, 2 istri bangkrut, 3 periode rakyat jadi gembel!”.

Masih ada sejumlah poster yang dibawa oleh para mahasiswa demi menyuarakan aspirasi mereka. Aksi demo damai itu dimulai melakukan aksinya sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca Juga :  Jelang Nataru Harga Telur Naik Jadi 31 Ribu, Pemkab Sebut Imbas Kenaikan Harga BBM

Setelah hampir dua jam melakukan aksi melontarkan tuntutan mereka, kemudian mereka ditemui para pimpinan DPRD Solo untuk membuat kesepakatan.

Dalam kesepakatan, para pimpinan DPRD Solo berjanji akan meneruskan tuntutan tersebut ke pemerintah pusat.

Koordinator BEM Soloraya, Muhammad Hanif Prabowo mengatakan, mereka akan terus mengawal kesepakatan tersebut hingga terkirim ke pusat.

“Kita memberikan waktu 2×24 jam, besok kita akan langsung ke sini untuk konfirmasi surat sudah dikirim atau belum. Kalau belum kita akan langsung melanjutkan aksi. Kita akan terus mengawal sampai ada finalisasi kebijakan sesuai yang diharapkan rakyat,” tegasnya.

Baca Juga :  Pernikahan Kaesang dan Erina, Jokowi: Persiapan Sudah 99 Persen

Sementara itu, aksi unjuk rasa tersebut sempat mengalami deadlock karena mereka menginginkan bertemu dengan Ketua DPRD Solo langsung. Akhirnya, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo pun memenuhi permintaan massa.

Di hadapan massa mahasiswa, Budi Prasetyo diminta menandatangani tuntutan demonstran. Isi tuntutan mereka antara lain agar harga BBM segera diturunkan dan menuntut pemerintah menstabilkan harga sembako.

Budi Prasetyo pun akhirnya menandatangani tuntutan tersebut. Demonstran kemudian bersedia membubarkan diri.

“Kami tentunya akan segera menindaklanjuti yang menjadi keinginan mahasiswa. Kita teruskan ke DPR RI dan Presiden. Tuntutannya di antaranya penurunan harga BBM, stabilitas harga terutama transportasi,” ujarnya. Wardoyo/Prihatsari

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com