JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Di Desa Demangan, KKN Kelompok 102 UNS Bangun Taman Toga dan Ajari Ibu-ibu Mengelola Sampah

Mahasiswa KKN kelompok 102 dan kelompok 111  UNS berfoto bersama di Taman Toga, Desa Demangan, Banyudono, Boyolali / Istimewa
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 102 UNS Surakarta di Demangan, Banyudono, Boyolali menggelar sejumlah program yang bermanfaat bagi warga.
Beberapa di antara program kerja tersebut, salah satunya adalah workshop pengelolaan limbah sampah organik dan anorganik.

Uniknya, Proker tersebut dikerjakan oleh KKN Kelompok 102 UNS yang berkolaborasi dengan tim mahasiswa KKN dari UIN Raden Mas Said Surakarta, yang kebetulan juga berada di lokasi yang sama.

Muhamad Aji Saputra, selaku Ketua Kelompok 102 KKN UNS menjelaskan, kelompoknya bersinergi menyelenggarakan workshop tentang pengelolaan sampah dengan sasaran ibu-ibu rumah tanga dan PKK.

“Dalam kegiatan ini, ibu-ibu rumah tangga diberi wawasan bagaimana memilih, memilah dan mengolah sampah,” ujarnya.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Kelompok tersebut juga berkolaborasi dengan kelompok 111 KKN UNS yang berada di Desa Gedhangan  dengan menggelar program pembuatan taman “Asman Toga”.

“Ini sebenarnya program lama kelompok ibu PKK desa Jipangan, tapi bertahun-tahun tidak terealisasi. Akhirnya, bersama dengan mahasiswa KKN program itu berhasil direalisasikan,” ujar Putra.

Mahasiswa KKN Kelompok 102  UNS  mengenakan pakaian tradisional saat ikut menyemarakkan pawai HUT ke-77 RI / Istimewa

Taman yang dibangun di belakang kantor Balai Desa tersebut ditanami dengaan bibit-bibit tanaman herbal, dan diberi nama “Taman Toga”.

Kehadiran taman toga tersebut diharapkan bermanfaat bagi warga setempat.

Di samping dua Proker di atas, Putra  menjelaskan, kelompok 102 juga ikut berperan dalam memeriahkan HUT RI ke-77.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang relatif sepi kegiatan, bersama kelompok 102 KKN UNS, digelar acara jalan sehat yang diikuti dengan acara karnaval, dangdutan dan pembagian doorprize pada Minggu (21/8/2022).

Warga terlihat antusias menyambut acara tersebut. Dalam kegiatan itu, setiap warga mengenakan kostum seunik mungkin. Dari mereka, diambil lima pemenang dengan nominasi kostum terunik.

Untuk diketahui, KKN Kelompok 102 UNS terdiri sembilan personel yang masing-masing Muhamad Aji Saputra (Ketua),  I Gede Bagus P,
Miftah Fariza Nurmajid,  Fauzan Nur Ramadhan.

Selanjutnya adalah Diyahiyah Thotho Lansyah,
Nabilla Uristu, Chaterine Putri A,  Eka Astian Putri  dan  Ninda Nurafifah. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com