JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Di Kalangan Pemilih Muda, Golkar Paling Populer  Dibanding PDIP, Gerindra dan Demokrat

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto berfoto bersama usai peresmian wajah baru kantor DPD partai Golkar Jawa Tengah / Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Di kalangan pemilih muda, ternyata Partai Golkar menjadi partai yang paling populer dibandingkan dengan partai-partai lainnya.

Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Survei tersebut digelar pada 8 hingga 13 Agustus 2022 dengan menyasar responden berusia 17-39 tahun. Di kalangan ini, Partai Golkar muncul dengan tingkat popularitas tertinggi dibanding partai lain, yakni sebesar 94 persen.

Menurut penjelasan Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, sebanyak 1.200 responden dalam survei itu diasumsikan sebagai pemilih muda karena sudah memiliki hak pilih.

Ia mengatakan, tingkat pengenalan responden terhadap partai sudah cukup tinggi.

“Relatif pengenalan terhadap partai kita sudah cukup tinggi dengan jarak antar 4 partai berjaraknya tipis-tipis aja nih. Golkar, PDIP, Gerindra, kemudian Demokrat tipis-tipis tapi sudah lewat di atas angka 90 persen. Baru kemudian NasDem, Perindo,” tutur Arya saat rilis survei CSIS, Senin (26/9/2022).

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Berdasarkan temuan survei CSIS, tingkat popularitas partai berlambang pohon beringin (Golkar) lebih tinggi dibanding PDIP (93,5 persen), Gerindra (92.7 persen), dan Demokrat (91,6 persen).

Selain tingkat popularitas yang tinggi, partai yang saat ini dipimpin Airlangga Hartarto itu juga memiliki tingkat kesukaan relatif tinggi di kalangan pemilih muda.

Tingkat kesukaan pemilih muda terhadap Golkar sekitar 75,9 persen. Angka tersebut menjadi tertinggi nomor tiga di bawah Demokrat (82,0 persen), dan Gerindra (79,0 persen).

Sementara itu, tingkat kesukaan pemilih muda terhadap PDIP hanya sekitar 68,2 persen. Survei CSIS tersebut  menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling dengan margin of error sekitar +/-2,84 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Kominfo, Nurul Arifin mengapresiasi hasil survei CSIS yang menunjukkan partai beringin masih populer di kalangan pemilih muda. Padahal, Golkar menjadi partai tertua di Tanah Air.

Baca Juga :  Yusril Nilai Permintaan untuk Mendiskualifikasi Gibran dalam Pilpres Terlambat

“Saya pribadi mengapresiasi hasil survei ini. Ternyata Golkar sebagai partai tertua di Tanah Air, hingga kini masih relate dengan anak muda atau pemilih muda,” kata Nurul Arifin, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Nurul menegaskan, hasil survei CSIS itu  menunjukkan apa yang diperjuangkan Golkar selama ini bisa diterima kalangan pemilih muda.

Kondisi tersebut sesuai dengan hasil perolehan Golkar di Pilkada 2020 lalu. Yakni, Golkar menjadi penyumbang kader muda terbanyak dengan 60 kader muda yang didorong di Pilkada 2020.

“Bahkan, 25 diantaranya berhasil lolos atau menang di Pilkada, baik menjadi kepala daerah maupun wakil kepala daerah,” tegas Nurul.

Selain itu, Golkar juga berhasil menjadi penyumbang tiga kader muda yang duduk di parlemen Senayan, dari 10 wakil rakyat termuda. Mereka adalah Puteri Komarudin, Dyah Roro Esti dan Adrian Jopie Paruntu, yang saat terpilih masih berusia di bawah 27 tahun. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com