JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

DorongĀ  Kreativitas PKK Desa Pojok untuk Tingkatkan Penghasilan, Mahasiswa KKN 157 UNS Ajarkan Pembuatan Sirup Jahe Merah

Mahasiswa KKN kelompok 157 UNSĀ  yang berlokasi di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar tengah berfoto bersama
Ā Ā Ā 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 157 UNS Surakarta melakukan sosialisasi pengolahan sirup jahe merah bagi ibu-ibu PKK Desa Pojok,Ā  Mojogedang, Karanganyar.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja KKN kelompok 157 UNSĀ  yang mengusung temaĀ  “Pengembangan UMKM Desa Pojok”

“Melalui program ini, kami ingin memberdayakan dan meningkatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pojok,” ujarĀ  Mbarep Adji Putra Bismoko, selaku Ketua KKN Kelompok 157 UNS.

Mbarep, sapaan akrabnya, menjelaskan, pemilihan jahe merah sebagai bahan dasar pembuatan sirup, karenaĀ  jahe merah dikenalĀ  memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Terlebih lagi, jahe merahĀ Ā  merupakan salah satu potensi utama hasil pertanian di Desa Pojok.Ā  Dengan demikian, jika upaya tersebut berkembang, masyarakat tidak akan kesulitan bahan baku.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para Ā Supeltas

Program ini juga bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Desa Pojok. Sebagai informasi, terdapat tiga kelompok KWT, diantaranya; KWT Pesona Dalem Tani, KWT Karya Sejahtera dan Tanem Berkah, dan KWT Hikmah Lestari.

Program kerja tersebut, menurut MbarepĀ  dilakukan di wilayah Dusun Bendo, Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar dan dilaksanakan pada Selasa (23/08/2022). Acara dihadiri oleh Ibu Ketua PKK Desa Pojok,Ā  Syamsini A.Md.Keb., SKM.

Mbarep berharap program kerja yang mereka lakukan tersebut, dapat menambah dan meningkatkan produk UMKM masyarakat Desa Pojok.

Program tersebut mendapat antusiasme yang positif dari masyarakat Desa Pojok. Hal ituĀ  dibuktikan dengan jumlah peserta sosialisasi dan pelatihan ini berkisar 40 Ibu-Ibu PKK,Ā  termasuk perwakilan KWT di dalamnya.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Kepala Desa Pojok,Ā  Kukuh Ragil Putra, S.E., S.Pd, juga memberikan apresiasi tinggi terhadap adanya program kerja tersebut.

Dia mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada kelompok KKN 157 UNS, karena sudah mau membagikan ilmu dan pengalamannya, salah satunya dengan mengadakan program pembuatan sirup dari jahe merah.

Dia berharapĀ  dengan adanya kegiatan ini, warga Desa Pojok bisa meningkatkan produk UMKM dan menambahĀ  penghasilan bagi kesejahteraan keluarga.

Untuk diketahui,Ā  KKN kelompok 157 UNS terdiri dari sembilan personel yang masing-masing adalahĀ  Mbarep Adji Putra Bismoko (Ketua),Ā  Ichwan Arzal, Irsyad Poetra Marhaenis, Diyah Cahyaningsih.

Selanjutnya Azizah Nur Aini, Margaretha Jessica W.S,Ā  Yuniar Sofi Umikalsum,Ā  Afrinda Alma Al Araaf danĀ  Nurfatona Dyah Pramusiwi.Ā  Sementara itu bertindak selaku dosen pembimbing lapangan (DPL),Ā  Drs. Waridi Hendro Saputro M.Si.Ā  Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com