JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hadirnya Dewan Kolonel untuk Kerek Puan, Bagaimana Dampak untuk Ganjar? Ini Penjelasannya

Puan Maharani ditugaskan oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri untuk melakukan silaturahmi dengan semua ketua umum (ketum) partai politik menjelang Pemilu 2024 / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mengatakan kehadiran Dewan Kolonel bakal menguntungkan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Diketahui sejumlah Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP membentuk Dewan Kolonel untuk meningkatkan citra Puan Maharani maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Tak tinggal diam, relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) juga membentuk Dewan Kopral.

Tujuannya untuk menandingi Dewan Kolonel bentukan sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR.

“Saya tidak melihat bahwa proses Dewan Kolonel ini suatu yang negartif. Positif buat Mbak Puan dan juga positif buat Ganjar,” kata Ari Nurcahyo dalam diskusi bertajuk ‘Jokowi Cawapres 2024 vs Capres-Cawapres Alternatif’ di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Terkait konflik tersebut, Ari menjelaskan kehadiran Dewan Kolonel ini akan meningkatkan konsolidasi di internal partai hingga ke tingkat daerah.

Baca juga:  Dewan Kopral Ganjar Segera Deklarasi, Lawan Dewan Kolonel Puan Maharani?

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Kemudian, relawan Ganjar yang tidak mau kalah pun juga bakal mempererat konsolidasi.

“Kan ngambang kalau sebelumnya. Sekarang kan aksi reaksinya, oke semua legilsator dari pusat ke daerah konsolidasi, kita wangikan Mbak Puan. Wah relawan enggak terima, kita Ganjar semua. Makin masif itu konsolidasi relawan,” katanya.

Kendati demikian, Ari mengatakan akhir dari gejolak ini masih belum diketahui dan tergantung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Kadernya Joko Widodo (Jokowi).

Di satu sisi, ia meyakini pada akhirnya baik internal partai maupun relawan Ganjar akan bergabung dengan kekuatan yang luar biasa setelah sebelumnya mereka terkesan seperti konflik.

Menurut Ari, sepintas kehadiran Dewan Kolonel ini terlihat seolah-olah untuk menjegal Ganjar.

Namun justru akan menguatkan Ganjar di basis relawan.

“Seakan-akan sekarang udah Ganjar terzolimi nih. Ganjar terzolimi justru makin menguatkan barisan relawan. Tapi juga kelompok partai memang butuh figur yang bisa mengonsolidasikan mesin partai,” ucapnya.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

“Dan dia tidak akan pakai Ganjar karena Ganjar punyanya relawan. Tapi pikiran cerdasnya bagaimana mesin partai ditambah mesin relawan pada satu titik bisa dipertemukan. itulah saya melihat, saya membacanya begitu,” lanjut Ari.

Diketahui, Ketua relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau Noel juga membentuk Dewan Kopral.

Noel meyakini Dewan Kopral bisa bersaing dengan Dewan Kolonel.

Adapun Dewan Kopral dibentuk untuk menyiapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sebagai calon presiden.

“Kita bakal membentuk juga namanya dewan kopral. Iya dong, kalau elite bisa bentuk dewan kolonel, kita akan bentuk dewan kopral,” kata Noel saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

www.tribunnews.com

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com