JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Hindari Minum 4 Minuman ini Setelah Makan

Ilustrasi secangkir teh / Foto: pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makan dan minum adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Setelah beraktifitas, asupan makanan dan minuman sangat dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar untuk beraktifitas kembali.

Agar nutrisi makanan terserap baik ke dalam tubuh, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, salah satunya adalah jangan asal minum.

Beberapa minuman ini dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh jika diminum setelah makan:

1. Minum Teh

Dikutip dari ners.unair.ac.id, meminum teh setelah makan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang wajib dihindari. Meski bagi banyak orang teh merupakan minuman yang nikmat, tetapi minum teh setelah makan dapat mengganggu proses penyerapan beberapa zat gizi, salah satunya adalah zat besi.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Penyerapan zat besi dapat berkurang sebesar 87 persen dan memberikan berbagai dampak buruk untuk tubuh seperti anemia, kulit menjadi pucat, pusing, hingga nafsu makan berkurang.

2. Minum Air Dingin

Dilansir dari pemkomedan.go.id, minum air dengan suhu dingin akibat adanya es dapat membekukan makanan, terutama makanan yang mengandung minyak (lemak dapat beku).

Lemak yang beku tersebut akhirnya tertimbun dalam usus dan menyebabkan berbagai saluran pencernaan menjadi menyempit hingga berakhir pada obesitas. Ada baiknya Anda mengganti air dingin ini dengan air hangat.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

3. Minum Kopi

Meminum kopi sebenarnya tidak ada salahnya, bahkan meminum minuman berkafein dapat memberikan energi serta meningkatkan mood. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Mengutip ners.unair.ac.id, bila ingin meminum kopi setelah makan, Anda perlu memperhatikan waktu. Beri jarak waktu setelah makan untuk mengonsumsi kopi karena mengonsumsi kopi langsung setelah makan dapat menghilangkan zat besi.

4. Minum Soda

Minuman bersoda bila dinikmati setelah makan akan meningkatkan jumlah kalori yang berujung pada kegemukan, terlebih lagi soda mengandung banyak gula.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com