JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Kiat Buang Racun dari Tubuh Secara Alamiah dan Murah

ilustrasi / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, atau detoksifikasi, seseorang tidak perlu harus menggunakan supleman atau obat tertentu yang berbiaya mahal.

Pasalnya, tubuh secara alamiah sudah memiliki sistem yang dapat melakukan detoksifikasi, atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Sebagian orang percaya, minum suplemen atau melakukan diet tertentu dapat mendetoksifikasi tubuh. Akan tetapi, sebenarnya tubuh dengan ginjal, hati, sistem pencernaan, kulit, serta paru-paru juga bisa melakukan fungsi ini.

Tentu saja dengan catatan, jika organ dari sistem detoksifikasi itu dalam keadaan sehat sehingga bisa bekerja dengan optimal.

Cara terbaik untuk mendetoks tubuh secara alami adalah dengan mengoptimalkan sistem detoksifikasi alami yang ada dalam tubuh. Berikut caranya menurut Healthline dan Medicalnewstoday yang dikutip dari tempo.co.

 

Batasi alkohol

Hati merupakan organ yang memetabolisme lebih dari 90 persen alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Meminum alkohol secara berlebihan dapat menggangu fungsi hati dengan menimbulkan peradangan, penumpukan lemak, juga jaringan parut dalam hati. Membatasi alkohol adalah cara yang baik untuk memelihara kesehatan hati sebagai salah satu organ dalam sistem detoksifikasi tubuh.

 

Meningkatkan kualitas tidur

Tidur adalah cara otak untuk mereset ulang dengan sendirinya. Selain itu, saat tidur otak juga mengeluarkan limbah yang menumpuk selama manusia terjaga. Salah satu limbah yang dikeluarkan oleh otak saat tidur adalah protein beta-amiloid yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer. Ketika kurang tidur, otak tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk mengeluarkan limbah atau racun. Hal itu kemudian membuat penumpukan racun yang dapat mempengaruhi kesehatan. Ini sebabnya mengapa kurang tidur bisa menyebabkan gangguan kecemasan, stres, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, juga obesitas. Manusia butuh setidaknya 7-9 jam tidur.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

 

Cukup minum air putih

Banyak sekali fungsi air dalam tubuh selain mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, membantu penyerapan nutrisi, dan membantu proses pencernaan. Air juga berperan dalam detoksifikasi tubuh. Dalam proses ini, air mengeluarkan limbah dalam bentuk urea serta karbondioksida dengan berbagai cara, seperti bernapas, buang air kecil, atau melalui keringat. Wanita setidaknya punyai kebutuhan harian air hingga 2,7 liter sedangkan pria membutuhkan setidaknya 3,7 l, meskipun, kebutuhan ini bergantung pada tempat tinggal serta aktivitas fisik yang dilakukan.

 

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan dengan kadar antioksidan tinggi berperan untuk membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif. Penyebab stres oksidatif ini bisa karena radikal bebas, juga racun yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Antioksidan terkandung dalam vitamin A, vitamin C, vitamin E, likopen, lutein, selenium, serta zeaxanthin.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

 

Mengonsumsi makanan tinggi prebiotik

Usus juga termasuk ke dalam salah satu sistem detoksifikasi. Cara usus melindungi diri sendiri serta tubuh adalah dengan melakukan detoksifikasi racun yang berbahaya, seperti bahan kimia. Untuk memelihara kesehatan usus, diperlukan prebiotik. Prebiotik adalah sejenis serat yang bisa memberi makan bakteri baik bernama probiotik. Probiotik dapat menghasilkan asam lemak rantai, nutrisi yang berguna bagi kesehatan usus. Mengonsumsi makanan yang kaya prebiotik dapat membantu memelihara sistem kekebalan tubuh serta detoksifikasi agar tetap berjalan optimal.

 

Cukup aktivitas fisik

Melakukan olahraga serta berbagai aktivitas dapat mengurangi peradangan. Manfaat dari pengurangan peradangan bisa membantu sistem detoksifikasi alami tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

 

Kurangi asupan gula dan makanan siap saji

Sebuah penelitian menyebutkan mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi serta makanan siap saji dapat memicu berbagai kondisi serius seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, serta kanker. Penyakit-penyakit inilah yang membuat sistem detoksifikasi alami tubuh terganggu, seperti hati dan ginjal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com