JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jelang Penentuan 3 Besar Kandidat Sekda Sragen, Tatag Prabawanto Kasih Bocoran Kriteria yang Bakal Terpilih!

Ilustrasi seleksi Sekda Sragen untuk menggantikan kursi Tatag Prabawanto. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 8 kandidat sekretaris daerah (Sekda) Sragen kini bersaing ketat dalam tahapan Uji Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural.

Hasil seleksi uji kompetensi dijadwalkan bakal diumumkan pada 16 September 2022 mendatang.

Sekda Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan saat ini kedelapan kandidat sedang mengikuti tahapan assesment. Nantinya dari hasil uji kompetensi, akan diambil tiga kandidat dengan penilaian tertinggi atau terbaik.

“Ini masih tahapan, nanti yang jelas dari panitia seleksi (Pansel) akan menyampaikan kepada bupati 3 nama kandidat terbaik dari hasil paparan,” papar Tatag kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (9/9/2022).

Tatag yang akan purna tugas per 1 November 2022 itu menyampaikan dari tiga kandidat yang terjaring, nantinya tinggal dipilih oleh Bupati.

Ia menegaskan bahwa pemilihan oleh Bupati sepenuhnya menjadi hak prerogatif Bupati. Menurutnya ranking terbaik tidak menggaransi seorang kandidat otomatis bakal dipilih untuk jadi.

“Belum tentu yang ranking 1 yang dipilih bupati. Bisa juga ketiga-tiganya tidak dipilih. Karena hak prerogatif pemilihan ada di tangan bupati. Yang jelas syarat utama bahwa Sekda harus memiliki chemistry dan nyetel dengan apa yang menjadi program-program Bupati. Itu kuncinya,” tandasnya.

Baca Juga :  Hujan Deras 4 Jam Sore Tadi, Rumah Warga Desa Jati, Sumberlawang dan Tanon Sragen Terendam Banjir

Mengacu tahapan, seleksi kompetensi (Uji Kompetensi Manajerial dan Sosial
Kultural) dengan metode assesment center digelar tanggal 31 Agustus sampai 1 September 2022.

Pengumuman hasil seleksi kompetensi akan diumumkan tanggal 16 September 2022. Selanjutnya, penelusuran rekam jejak 19 September 2022.

Selanjutnya, tahapan akan dilanjutkan dengan sesi wawancara yang akan digelar tanggal 21 September 2022.

Kemudian penyampaian hasil akhir Seleksi Secara Terbuka dan Kompetitif Kepada Sekretaris Daerah selaku Pejabat yang Berwenang (PyB), diteruskan kepada Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pada 23 September 2022.

Tahapan berikutnya adalah pengumuman Penetapan hasil Akhir 23 September 2022.

“Tahap wawancara tanggal 21 September 2022 dilanjutkan penyampaian hasil akhir seleksi 3 besar ke Bupati untuk dipilih kandidat yang ditunjuk sebagai Sekda definitif,” jelasnya.

Baca Juga :  Geger, Petani di Desa Baleharjo Sragen Tewas Kesetrum Listrik di Area Persawahan Dengan Kondisi Mengenaskan

Ditargetkan pertengahan bulan Oktober atau Minggu ketiga Oktober, sudah bisa menjaring kandidat yang masuk tiga besar.

Selanjutnya dari tiga besar itu tinggal diajukan ke Bupati untuk dipilih satu kandidat yang diamanahkan untuk menduduki jabatan Sekda.

“Nanti dari tiga besar itu, kewenangan memilih ada pada Bu Bupati. Karena siapa yang akan jadi itu nanti sepenuhnya yang menentukan dan memilih Bupati,” terangnya.

Seleksi kandidat Sekda dilakukan menyusul berakhirnya masa jabatannya sebagai Sekda yang akan habis per 1 November 2022. Wardoyo

Berikut daftar 8 Kandidat Sekda Sragen lolos penulisan makalah:

1. Assisten 1 Setda- Joko Suratno
2. Assisten 2 Setda- Tugiyono
3. Kepala DKK- Hargiyanto
4. Kepala Diskominfo- Yuseph Wahyudi
5. Kepala Disporapar- Yuniarti
6. Kepala Diskumindag- Cosmas EY
7. Kepala Kesbangpol- Sutrisna
8. Kepala BPKPD- Dwiyanto
Sumber: Pansel Sekda Sragen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com