JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kalangan Akademisi, Pers dan Cendekiawan Tanah Air Berduka, Prof Azyumardi Azra Berpulang

Prof. Azyumardi Azra (bertopi) saat terakhir di pesawat menuju Malaysia. (Foto: istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Setelah dinyatakan positif Covid-19 di rumah sakit Serdang di Malaysia, akhirnya Ketua Dewan Pers, Prof Dr Azyumardi Azra menghembuskan nafas terakhir, Minggu (18/9/2022).

Kalangan akademisi, pers dan cendekiawan tanah air berduka.

Azyumardi meninggal dunia setelah sebelumnya sempat jatuh sakit saat mengunjungi Malaysia pada Jumat (16/9/2022) sore.

“Telah meninggal dunia Prof Dr Azyumardi Azra. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” demikian keterangan tertulis yang diterima Tempo dari Anggota Dewan Pers Arif Zulkifli.

Arif menyatakan mendapatkan kabar tersebut dari istri Azyumardi.ย  Sebelum meninggal, kabar soal kesehatan Azyumardi disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya.

Agung mengatakan gangguan kesehatan itu mulai muncul ketika pria kelahiran Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 4 Maret 1955 tersebut baru akan mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia.

โ€œKami mendapat kabar bahwa Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azramengalami gangguan kesehatan,โ€ kata Agung saat dihubungi, Jumat (16/9/2022).

Agung mengatakan karena kondisi kesehatannya itu, Azyumardi langsung dibawa ke rumah sakit begitu pesawat mendarat.ย  Azyumardi langsung menjalani perawatan di Rumah Sakit Serdang, Malaysia.

Baca Juga :  Jelang Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Megawati dan ย Rizieq Shihab Sama-sama Ajukan Amicus Curiae

โ€œBeliau sedang menjalani perawatan dan dalam pemantauan Kedutaan Besar Republik Indonesia,โ€ kata dia.

Azyumardi diketahui mengunjungi Malaysia untuk menjadi pembicara pada sebuah acara di sana.

Hingga Sabtu (17/9/2022) pagi, Azyumardi diketahui masih menjalani perawatan secara intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Selangor, Malaysia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan tim dokter menyampaikan Azyumardi belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain sampai kondisinya menjadi lebih stabil.

Seperti diketahui, Azyumardi dikenal sebagai cendekiawan muslim. Dia mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta pada 1982.

Dia juga mendapatkan 3 gelar master dari departemen yang berbeda di Columbia University, Amerika Serikat.

Azyumardi juga mengantongi gelar doktor dari kampus yang sama sebelum akhirnya diangkat sebagai guru besar di IAIN Syarif Hidayatullah pada 1998.

Dia pernah bekerja menjadi wartawan Panji Masyarakat pada 1979 sampai 1985. Kariernya banyak dihabiskan menjadi pengajar di Fakultas Adab UIN Jakarta. Dia juga sempat menjabat sebagai rektor di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Baca Juga :  Refly Harunย  Yakin Adanya Intervensi terhadap MK Sejak Awal Persidangan

Azyumardi Azra kemudian terpilih menjadi Ketua Dewan Pers dalam susunan kepengurusan periode 2022-2025.

Azyumardi ke Malaysia karena mendapat undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) guna menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor, Malaysia.

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz ikut mendatangi Rumah Sakit Serdang pada Jumat tersebut, tempat Azyumardi dirawat.

Di sana, Ia mengatakan Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi yang digelar pada 17 September.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono pun mengatakan Azyumardi mendapatkan perawatan di ICU.

โ€œMenurut pihak rumah sakit beliau dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19,โ€ kata dia.

Sementara itu, Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang bertugas menjemput Azyumardi di Bandara Kuala Lumpur mengatakan bahwa pada pukul 15.33 waktu setempat ia masih sempat berkomunikasi lewat Whatsapp.

Shazni mengatakan setelah sampai di Rumah Sakit Serdang dan menjalani tes, dokter menyampaikan bahwa Azyumardi positif Covid-19. Sehingga, Azyumardi segera mendapat perawatan dengan ventilator di ruang ICU.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com