JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mangga merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ada berbagai macam mangga yang tumbuh di Indonesia, diantaranya mangga mana lagi, arum manik, gadung dan masih banyak lainnya.

Buah mangga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam buah mangga terkadung zat gizi, seperti tembaga, folat, niasin, kalium, riboflavin, mangan, tiamin, magnesium, dan antioksidan. Melansir healthline.com, buah mangga mengandung beberapa vitamin, yaitu Vitamin C, B6, A, E, B5, dan K.

Dengan berbagai kandungan zat gizi itu, mangga sangat baik untuk kesehatan. Berikut empat manfaat dari buah mangga:

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

1. Cegah diabetes

Meskipun buah mangga mengandung lebih banyak gula alami dibandingan buah lainnya, tetapi mangga dapat membantu cegah diabetes. Melansir healthline.com, konsumsi mangga dapat membantu mencegah timbulnya diabetes. Hal ini karena kandungan vitamin C dan karotenoid yang tinggi di dalam mangga. Namun, konsumsi mangga dalam jumlah yang cukup karena makan mangga terlalu banyak berpotensi meningkatkan kadar gula.

2. Sehatkan kulit dan rambut

Melansir bbcgoodfood.com, buah mangga mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi. Viamin C membantu membentuk kolagen, yang baik bagi kesehatan rambut dan membantu menyerap zat besi. Kolagen juga berperan dalam mengencangkan kulit supaya tidak kendur. Sementara vitamin A memebantu menawarkan efek perlindungan dari tanda-tanda penuaan karena berperan dalam produksi sebum yang melembabkan kulit.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Menurunkan risiko kanker

Mangga kaya akan beta-karoten, sebuah senyawa yang bertanggung jawab atas warna kuning-oranye. Dilansir webmd.com, beta-karoten adalah salah satu jenis antioksidan yang telah terbukti melawan radikal bebas. Hal ini membuat mangga melindungi sel-sel dari kerusakan dan potensi menyebabkan kanker.

4. Jaga kesehatan sistem pencernaan

Konsumsi makan bagi penderita sembelit kronis dapat membantu menyembuhkannya. Dilansir bbcgoodfood.com, mangga mengandung senyawa bernama fitokimia yang menawarkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada sistem pencernaan, dan bahkan dapat membantu mengurangi peradangan dalam kondisi seperti kolitis ulserativa.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com