JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik Dibanding Kompor Gas

Pemerintah sedang mengebut migrasi kompor gas ke kompor listrik. Tahun ini ada 300 ribu unit kompor induksi yang disuplai ke masyarakat miskin dan pelaku usaha mikro. Tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pada tahun ini pemerintah akan membagikan paket kompor listrik ke 300.000 orang secara gratis. Pembangian paket kompor listrik ini merupakan pelaksanaan program konversi kompor listrik dari kompor yang menggunakan elpiji 3 kilogram.

Terkait program transisi kompor gas LPG ke kompor listrik mendapat sambutan baik dari pihak PLN. Direktur PLN Darmawan Prasodjo mengatakan konversi ke kompor listrik dapat menghemat energi sekitar Rp 8 ribu per kilogram elpiji.

“Tentu saja dengan adanya penghematan ini kita mengubah energi yang tadinya impor menjadi energi domestik,” katanya saat ditemui di kantor PLN, Jakarta Selatan, pada Rabu, 21 September 2022.

PLN tidak sembarangan menyetujui karena mereka mengacu pada arahan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beserta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai keseimbangan energi.

Meskipun demikian, kompor listrik memiliki kelebihan dan kekurang yang dapat menjadi bahan pertimbangan, berikut penjelasannya.

Kelebihan Kompor Listrik
1. Masakan cepat matang

Kompor listrik memiliki suhu panas yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kompor gas. Hal tersebut yang mengakibatkan masakan menjadi cepat matang.

2. Suhu dapat diatur

Memasak membutuhkan trik agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan. Kompor listrik sendiri memiki fitur untuk mengatur suhu sehingga Anda bisa membuat kompor menjadi panas atau sedikit panas.

3. Praktis

Berbeda dengan kompor gas yang harus mengganti tabung LPG setiap saat, kelebihan kompor listrik adalah penggunaanya yang praktis.

4. Hemat energi

Kompor listrik dinilai lebih hemat energi bila dibandingkan kompor gas. Pasalnya, kompor listrik tidak menggunakan gas yang diperoleh dari alam. Selain itu lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah.

Kekurangan kompor listrik
1. Harganya mahal

Bila dibandingkan dengan kompor gas, harga kompor listrik memang lebih mahal. Harga kompor listrik pun disesuaikan dengan jumlah tungku pemasak. Semakin banyak tungku maka semakin mahal harganya.

2. Listrik yang dikeluarkan tidak sedikit

Penggunaan kompor gas memang masih lebih murah bila dibandingkan kompor listrik. Hal ini dikarenakan kompor listrik membutuhkan daya listrik tinggi. Tak hanya itu, bila terjadi pemadaman listrik, kompor ini juga otomatis tidak dapat digunakan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com