JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah Heroik Danyonif 408 Setahun Pimpin Pasukan Bertaruh Nyawa Lawan Gerombolan OPM di Papua. 446 Prajurit Pulang Selamat, 4 Meninggal Dunia

Letkol Inf Ade Afri Verdaniex. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepulangan tim Yonif 408/SBH Sragen dari tugas pengamanan di Papua, Kamis (29/9/2022) membawa kisah haru.

Betapa tidak, selama hampir setahun bertaruh nyawa melawan gerombolan separatis atau pemberontak bersenjata OPM, menghadirkan kisah perjuangan tak mudah.

Empat prajurit terpaksa harus mengembuskan nafas terakhir setelah tertembak oleh OPM dan satu lainnya karena sakit.

Hal itu diungkapkan Komandan Yonif 408, Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM seusai penyambutan kepulangan tim Satgas Yonif 408 di Mako Yonif, Kamis (19/9/2022).

“Kesan yang paling saya rasakan membawa 1 batalion, yang pertama kami merasa bangga karena inilah tempat kami menguji kemampuan, menguji diri dan menguji seluruh jiwa raga kami untuk mampu berbakti ke bangsa dan negara,” paparnya.

Ade menguraikan tak sedikit rintangan yang dihadapi selama hampir 12 bulan melakukan tugas pengamanan di Papua.

Tak hanya Medan terjal, empat prajurit harus meninggal dunia akibat kontak tembak dan sakit.

“Jumlah personel 450 orang sampai saat ini ada 4 Anggota kami yang meninggal di wilayah penugasan. Di mana 1 meninggal karena sakit dan ke 3 meninggal akibat luka tembak dengan OPM,” ujarnya.

Baca Juga :  Mantan Walkot Blitar Samanhudi Anwar Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar: Aksi Perampokan Disebut Direncanakan dari Lapas Sragen 

Ia menceritakan, tim Satgas berangkat bulan September 2021 dan pulang kembali ke markas pada bulan September 2022 atau bertugas selama 12 bulan.

Ade juga mengisahkan perjuangan menegangkan saat harus berjuang melawan pemberontak separatis OPM.

Banyak perjuangan saat dirinya harus berhadapan dengan kelompok separatis bersenjata yang berusaha meneror masyarakat dengan mengunakan senjata.

“Kami harus menghadapi mereka semua, dengan arahan bapak panglima TNI tidak ragu- ragu melakukan tindakan pada mereka. Apabila memang benar mereka membawa senjata dan lain-lain.
Sampai kami pulang kemarin sudah ada sedikit rekonsiliasi khususnya di wilayah Puncak,” imbuhnya.

Di bagian akhir, ia berharap dengan meredanya situasi di Papua, ke depan diharapkan situasi berangsur kondusif sehingga rencana pembangunan khususnya di wilayah Puncak bisa dilanjutkan kembali.

“Semoga ke depan menjadi lebih baik dan masyarakat menjadi sejahtera. Dengan kehadiran kami di sana banyak yang telah kami berikan, terutama adalah berbagai ide, pemikiran maupun contoh kepada mereka bagaimana caranya saudara-saudara kita yang berada di papua bisa hidup lebih baik dan hidup lebih layak, mendapatkan pendidikan lebih baik sehingga kehidupan mereka sampai anak cucu akan ada perubahan,” tandasnya.

Baca Juga :  Diguyur Hujan Selama 5 Jam Jalur Tanon Mondokan Sragen Banjir Parah

Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Achiruddin mengatakan, upacara penyambutan kepulangan prajurit setelah bertugas merupakan suatu kewajiban agar para prajurit merasa masih dihargai, setelah berjibaku mengamankan negeri.

“Setiap prajurit, satuan yang pulang harus kita sambut, karena itu merupakan kebanggaan setelah menjalankam tugas mengamankan NKRI,” ujarnya upacara penyambutan di halaman Yonif 408/Suhbrastha.

Menurut Achiruddin, dengan disambut para prajurit akan merasa dihargai, karena mereka berjuang demi bangsa dan negara, mempertaruhkan nyawa.

Sebagai pimpinan, dia mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada para prajurit.

Ia berharap, para prajurit pulang dengan rasa senang, karena akan kembali berkumpul bersama keluarga masing-masing.

“Kita berharap, mereka pulang dengan hati yang riang gembira, ada keluarga yang menyambut, setelah ini mereka bisa melaksanakan istirahat pulang kampung, istilahnya cuti bertemu dengan keluarga masing-masing,” pungkasnya. Wardoyo

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com