JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 21 UNS Gelar Pelatihan Fotografi dan Videografi untuk Karang Taruna Kelurahan Kratonan

Mahasiswa KKN kelompok 21 UNS tengah memberikan penjelasan dalam pelatihan fotografi dan videografi di depan Karang Taruna Kelurahan Kratonan / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Di era digital dewasa ini, branding produk, eksistensi diri maupun branding wilayah melalui potensi yang dimilikinya, nyaris tak bisa dilepaskan dari peran media sosial (Medsos).

Melalui foto-foto maupun video yang menarik, potensi apapun yang dimiliki sebuah wilayah, baik potensi kuliner, kerajinan, wisata dan lain-lain dapat diangkat melalui media sosial.

Untuk menampilkan foto dan video yang indah dan menarik minat netizen, dibutuhkan sedikit sentuhan ilmu di dalamnya. Bukan asal ambil dan langsung upload.

Berangkat dari situlah, dalam bimbingan Dr Sumarwati, M.Pd sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL), mahasiswa KKN kelompok 21 UNS menggelar pelatihan fotografi dan videografi untuk para remaja karang taruna desa setempat.

Pelatihan dilakukan di Warung Bakmi Pak Met pada Minggu (14/8/2022), yang dihadiri oleh puluhan anak-anak muda Kelurahan Kratonan, Solo.

Ketua KKN Kelompok 21 UNS, Viqri Nanda Kusuma mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk menciptakan pemuda pemudi Kelurahan Kratonan yang kreatif dan inovatif serta dapat memaksimalkan penggunaan gadget untuk kegiatan yang positif dan kreatif.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Pelatihan tersebut diisi oleh dua orang pemateri, yaitu  Alvin Kurniawan, yang merupakan Menteri Media, Komunikasi dan Branding BEM UNS 2022.  Untuk diketahui, Alvin telah kenyang akan pengalaman di  bidang fotografi dan videografi.

Sementara pemateri kedua adalah Patra Manggala Bima P, seorang mahasiswa komunikasi terapan UNS yang telah memiliki pengalaman dalam kegiatan fotografi dan videografi serta konten media sosial (Medsos).

Dalam paparannya, Alvin menjelaskan mengenai bagaimana menjadikan gadget sebagai alat untuk melakukan fotografi secara maksimal.

Ia juga menjelaskan bagaimana cara mengambil gambar dengan baik dan editing cepat untuk bisa segera dibagikan ke Sosmed peserta.

Mahasiswa KKN Kelompok 21 UNS berfoto bersama dengan peserta pelatihan fotografi dan videografi di Kelurahan Kratonan / Istimewa

Sedangkan Patra Manggala Bima lebih banyak memaparkan  bagaimana video dapat menjelaskan maksud dari apa yang digambarkan si pembuat video dalam videonya.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Dijelaskan pula bagaimana editing video dengan singkat menggunakan gadget masing-masing serta bagaimana membuat konten media sosial yang dapat menarik banyak pasang mata untuk penasaran dan mengakses video kita.

Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan. Selain karena materinya yang menarik, materi tersebut nyambung dengan dunia keseharian mereka yang nyaris tak pernah lepas dari gadget.

Suasana menjadi lebih cair ketika digelar diskusi dan tanya jawab. Banyak peserta yang melontarkan pertanyaan, yang membuat pemateri juga lebih semangat untuk berbagi ilmunya.

Acara tersebut ditutup dengan foto bersama dengan mahasiswa KKN UNS, Lurah Kratonan, Marwoto dan jajarannya serta tokoh masyarakat Kelurahan Kratonan.

“Ini adalah kegiatan yang sangat positif. Apalagi setelah dua tahun karang taruna juga vakum  karena pandemi. Kegiatan ini bisa menjadi pembuka untuk kegiatan-kegiatan lain yang positif,” ujar Lurah Kratonan, Marwoto. Redaksi

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com