JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 383 UNS Gelar Sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk pada Pelaku UMKM di Karangtalun, Cilacap

Mahasiswa KKN kelompok 383 UNS tengah memaparkan materi dalam sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk di Kelurahan Karangtalun, Cilacap / Foto: Istimewa
   

CILACAP, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah melalui observasi di kalangan pemilik dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangtalun, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap, akhirnya mahasiswa KKN kelompok 383 UNS menggelar program kerja utama, yakni sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk.

Bertempat di gedung serbaguna Kelurahan Karangtalun, sosialisasi yang berlangsung selama empat jam pada Kamis (18/8/2022) tersebut diikuti oleh 10 pelaku UMKM di Kelurahan Karangtalun.

Kukuh Caezaocta Prayuda, salah satu perwakilan mahasiswa KKN kelompok 383 UNS menjelaskan, sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak program yang digelar oleh kelompoknya di  kelurahan tersebut.

Mahasiswa KKN kelompok 383 UNS berfoto bersama dengan peserta sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk di Kelurahan Karangtalun, Cilacap / Foto: Istimewa

Ia mengatakan, sebelumnya mereka telah melakukan survei secara door to door ke rumah para pelaku UMKM untuk melihat proses produksi secara langsung. Dalam kunjungan tersebut, mereka juga melakukan diskusi mengenai permasalahan dan tantangan apa saja yang dihadapi para pelaku UMKM saat ini.

Dari persoalan yang mereka tangkap di lapangan, menurut Kukuh, akhirnya mengerucut pada problem tekonolgi informasi, digitalisasi dan pemasaran yang masih menjadi kendala pengembangan usaha mereka.

Dijelaskan Kukuh, kegiatan sosialisasi tersebut mencakup empat materi besar yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM.  Empat materi besar tersebut adalah mengenai sosialisasi izin P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga), sosialisasi packaging  (pengemasan produk), sosialisasi foto produk.

“Dan yang tak kalah penting adalah sosialisasi terkait digitalisasi dan pemasaran produk UMKM melalui facebook maupun marketplace,” papar Kukuh.

Untuk diketahui, KKN kelompok 383 UNS terdiri dari delapan personel, yang masing-masing adalah Sava Anisha Wahyudi, Mochamad Rifqi Hananto, Nurul Mery Rahmawati, Nabila Sawitri, Salsabila Dhia Khairunnisa, Elsa Zakia Damayanti, Kukuh Caezaocta Prayuda dan Alaya Kyra Salsabila.

Adapun seluruh program kerja mahasiswa KKN kelompok 383 UNS di Kelurahan Karangtalun, Cilacap tersebut berada di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL), Drs. If Bambang Sulistyono, S.K., M.T.  Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com