JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 74 UNS Dorong Semangat Membaca Siswa Pada 3 SD di Desa Lorog, Tawangsari, Sukoharjo

Mahasiswa KKN Kelompok 74 UNS tengah memberikan motivasi dan mendorong minat baca kepada para siswa MI Muhammadiyah Lorog. Terlihat anak-anak sangat antusias mengikutinya / Foto: Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Data dari UNESCO menunjukkan dari 1.000 orang Indonesia, cuma satu  orang saja yang rajin membaca! Ini bukan lagi rendah namun memprihatinkan.

Kondisi semakin diperparah lagi, karena ketika minat baca belum tumbuh, kini sudah dihantam dengan disrubsi digital, yang secara langsung atau tidak, telah mereduksi minat baca anak dari buku ke arah gadget.

Mahasiswa KKN Kelompok 74 UNS berfoto bersama dengan anak-anak di SD Lorog 1, Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

Yang lebih parah lagi, anak-anak akan kehilangan daya imajinasi dan eksplanatif ketika harus menjelaskan secara naratif.

Dampak tersebut sangat mungkin terjadi, karena di era digital di mana fenomena media sosial (Medsos) menggejala, anak-anak lebih banyak disuguhi tontonan yang didominasi video.

Informasi yang berupa narasi pun, di ranah media sosial hanya sepenggal-sepenggal, sehingga anak-anak tak bisa memahami informasi secara utuh.

Melihat kondisi yang demikian memprihatinkan, mahasiswa KKN UNS mengadakan program kerja yang bisa membantu meningkatkan semangat siswa siswi dalam berliterasi.

Program kerja ini merupakan salah satu program utama dari mahasiswa KKN kelompok 74 UNS Surakarta.

“Program Literasi ini memiliki tiga tema yang berbeda. Tema yang diusung disesuaikan dengan karakteristik sekolah masing-masing,”  ujar salah satu perwakilan KKN Kelompok 74 UNS, Ismi.

Mahasiswa KKN Kelompok 74 UNS berfoto bersama dengan anak-anak di SD Lorog 2, Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

Misalnya, di SD Negeri Lorog 1, kegiatan dilaksanakan pada Kamis (4/8/2022) dengan agenda pembuatan pojok baca yang melibatkan siswa-siswi dalam proses menghias tempat pojok baca agar menarik dan nyaman.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Ismii menjelaskan, pembuatan pojok baca itu untuk memberikan rasa tanggung jawab kepada siswa-siswi serta untuk memotivasi mereka agar lebih senang membaca buku.

Selain itu, mahasiswa KKN kelompok 74 juga memberikan sumbangan buku kepada sekolah yang diletakkan di pojok baca masing-masing kelas.

Program literasi kedua dilaksanakan di SD Negeri Lorog 2  pada Rabu (10/8/2022), dengan agenda membuat majalah dinding dan cap tangan.

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu membaca  bersama-sama selama kurang lebih 15 menit. Kegiatan itu dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa-siswi.

Langkah selanjutnya, mereka diajak menentukan apa saja bahan bacaan yang akan ditempelkan di majalah dinding. Kegiatan ini juga bertujuan untuk  meningkatkan literasi siswa-siswi dan melatih imajinasi mereka.

Sedangkan kegiatan terakhir diisi dengan pembuatan cap tangan yang dapat melatih kemampuan motorik halus anak.

Sementara itu, program kerja terakhir dari literasi kelompok KKN 74 UNS bertempat di MI Muhammadiyah  Lorog yang diselenggarakan pada Jumat (19/8/2022), dengan kegiatan yang dilakukan yaitu mengadakan kegiatan sosialisasi.

Kegiatan dimulai dengan ice breaking, kemudian pemberian materi mengenai literasi yang diharapkan mampu memberikan gambaran dan motivasi membaca kepada siswa-siswi MI Muhammadiyah Lorog.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Untuk meningkatkan semangat para siswa dalam membaca, maka tim KKN 74 mengadakan kuis. Siswa-siswi diminta maju ke depan kelas membacakan cerita  yang telah disiapkan tim KKN.

Untuk penyemangat siswa yang maju mendapatkan hadiah berupa buku bacaan. Setelah itu, para siswa diajak untuk membuat pohon harapan yang berisikan cita-cita agar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan menerapkan sikap optimis dengan berani bermimpi.

Para siswa dan guru di tiga sekolah tersebut rata-rata bersikap antusias dan menyambut baik program yang dilakukan. Para guru beranggapan bahwa kegiatan yang diselenggarakan dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi serta mampu menumbuhkan motivasi mereka untuk mengejar cita-cita.

Para guru berharap, dengan adanya kegiatan literasi tersebut,  semangat para siswa untuk membaca akan lebih meningkat, dan mampu menyeimbangkan antara kegiatan bermain video game dengan membaca buku bacaan yang diberikan oleh mahasiswa KKN.

Untuk diketahui, KKN Kelompok 74 UNS terdiri dari 10 personel yang masing-masing adalah Wijiasih, Annisa Dian Setyaningrum, Dana Nur Aisah, Rania Milenia, Febriyanti Diah Kusumaning Dewi, Akmal Dzara Al Arofif, Septiano Dewa Prakoso, Ismi, Safira Nur Faizah dan Pratiwi Ajeng Safitri. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com