JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Masjid Ciptomulyo, Masjid Kuno Nan Unik di Pengging, Boyolali

Masjid memiliki 5 pintu utama yang semuanya terletak di bagian depan bangunan masjid. Di atas setiap pintu diberi ukiran-ukiran yang disisipkan tulisan “P.B. X” sebagai tanda bahwa masjid itu dibangun pada masa pemerintahannya.

“Tulisan seperti ini juga terlihat jelas pada bagian atas gerbang serambi yang berada di depan masjid,” katanya, Jumat (16/9/2022).

Namun demikian, lanjut Kusworo, data lain menyebut, Masjid Ciptomulyo awalnya bernama Masjid Karangduwet. Masjid dibangun oleh RT Padmanegara semasa  masih bernama Kyai Zainal Abidin. Padmanegara ini merupakan keturunan keturunan Sultan Hadiwijaya, dan juga keturunan Susuhunan Amangkurat yang dimakamkan di Tegal Arum.

Baca Juga :  Kasihan, Lansia di Musuk, Boyolali Ditemukan Tewas di Rumahnya

Pada masa mudanya Padmanegara adalah prajurit Mataram pengikut Sultan Agung Hanyakrakusuma pada waktu melawan Kompeni Belanda. Karena kepandaian dan keberaniannya dalam strategi perang, lalu dipercaya dan diangkat sebagai Bupati di Pekalongan.

Dikisahkan bahwa RT Padmanegara yang telah lama hilang dalam peperangan, dan kemudian dikenali oleh pihak Keraton Kartasura sebagai Kyai Zainal Abidin, murid dan menantu Kyai Kalifah Syarif dari Bagelen yang mengasuh pondok pesantren di Pengging.

Kyai Zainal Abidin ketahuan setelah berhasil memenangi sayembara dari pihak Keraton Kartasura tentang aduan soal perdata yang tidak bisa dipecahkan semua hakim Keraton.

Baca Juga :  Pilkades Sendangrejo, Boyolali Ditunda. Ini Penyebabnya

Sebagai hadiahnya, Zainal Abidin dijadikan pegawai Keraton Kartasura, dan setelah ketahuan sebagai Bupati Pekalongan, diangkat menjadi Bupati Jaksa di Kartasura.

“Setelah meninggal, beliau dimakamkan di Gedong, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono. Makamnya berdekatan dengan makam Kyai Kebo Kenanga (Ki Ageng Pengging). RT Padmanegara memiliki putra bernama R Ng Yasadipura I.” Waskita

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com