JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Melihat dari Dekat Vaksinasi PMK di Sidrap, Ternyata Bentuk Tanggungjawab Sosial Perusahaan ini

Vaksinasi
Vaksinasi PMK di Sidrap. Dok. UPC Renewables
   

SIDRAP, JOGLOSEMARNEWS.COM
Melihat dari dekat vaksinasi PMK (penyakit mulut dan kuku) di Sidrap (Sidenreng Rappang), ternyata bentuk tanggungjawab sosial perusahaan ini.

Adalah PT UPC Sidrap Bayu Energi yang memprakarsai dan memfasilitasi proyek vaksinasi PMK yang dicanangkan oleh Pemkab Sidrap.

Untuk diketahui penyakit menular hewan yang disebabkan oleh virus ini menyerang hewan berkuku belah (cloven hoof), seperti sapi yang banyak digembalakan di sekitar pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap. Berdasarkan data terakhir, Sulawesi Selatan sudah masuk dalam zona merah PMK, dimana hingga Agustus 2022 total sapi yang terjangkit virus PMK sebanyak 3.317 ekor. Sehingga kewaspadaan terhadap penyakit tersebut harus menjadi perhatian.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (21/9/2022), vaksinasi PMK ini merupakan bentuk komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) UPC terhadap penanganan PMK melalui upaya pencegahan terhadap penyebaran PMK, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat. Dalam implementasinya UPC berkolaborasi dengan komunitas lokal yang sangat dihargai.

Baca Juga :  Pengamat: Manuver NasDem Fokus untuk Selamatkan Partai, PKB tinggal Tunggu Waktu

Dimulai pada 12 hingga 15 September 2022, UPC memberikan sekitar 800 dosis vaksin PMK untuk ternak di sekitar PLTB Sidrap. Sosialisasi dan kesepakatan dengan peternak setempat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mencegah penyebaran penyakit sehingga penyebaran penyakit PMK dapat dibendung; karena serangan penyakit ini sangat cepat menular dan mematikan. Sehingga menimbulkan kekhawatiran akan kelumpuhan sektor peternakan.

UPC telah secara rutin melaksanakan program CSR dengan tekad untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan berfokus pada Kesehatan dan pengembangan masyarakat, air bersih dan sanitasi, pendidikan, lingkungan, mata pencaharian, dan pemberdayaan masyarakat di Desa Lainungan, Mattirotasi, dan Lawawoi.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Beberapa program CSR utama yang telah
dilakukan hingga saat ini, antara lain penyediaan panel surya ke sekolah-sekolah setempat,penyediaan air bersih untuk masyarakat di Desa Lainungan dan Mattirotasi, perbaikan jalan desa, interkoneksi Dusun Pabbaresseng ke sistem tenaga listrik setempat, dan yang lain.

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2018, PLTB Sidrap 75 MW yang
dikembangkan dan dioperasikan oleh UPC, tidak hanya memberikan energi bersih dan berkelanjutan tetapi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan social, dan kualitas hidup masyarakat serta telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Sidrap melalui program CSR. Kami terus mencari peluang
untuk bekerja bersama komunitas local untuk melaksanakan program-program ini. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com