JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mengenal Nugroho Boncu, Tokoh Muda Inspiratif Asal Sragen Barat yang Getol Majukan Pertanian Lewat Sumur Dalam

Nugroho Sulistyo (kanan) saat menyalurkan bantuan beras untuk rakyat dari Puan Maharani ke warga di wilayah Miri. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hegemoni Sragen sebagai daerah lumbung pangan dan basis pertanian tak diragukan lagi.

Didukung potensi areal pertanian subur, Sragen mencatatkan diri sebagai salah satu kabupaten penyangga pangan Jateng maupun nasional.

Namun, di balik cerita sukses Sragen dengan produksi pangannya, inovasi dan semangat besar petani di Bumi Sukowati memang patut diacungi jempol.

Salah satunya dengan kegigihan para petani membuat sumur dalam untuk irigasi di sawah mereka.

Nah, bicara soal sumur dalam, ada salah satu tokoh muda yang patut mendapat apresiasi karena bergerak di sektor sumur dalam untuk irigasi pertanian.

Dia adalah Nugroho Sulistyo. Tokoh berusia 39 tahun asal Dukuh Modro, RT 01, Desa Soko, Kecamatan Miri, Sragen itu diam-diam sudah lama bergelut dengan profesi pembuat sumur dalam.

“Iya, usaha saya memang wiraswasta dan sering diminta membuatkan sumur dalam untuk petani. Hampir di semua wilayah di Sragen, kadang minta tolongnya ke kami,” paparnya saat berbincang dengan JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (21/9/2022).

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen
Nugroho Sulistyo. Foto/Wardoyo

Pria yang akrab disapa Boncu itu menuturkan tergerak untuk sumur dalam karena melihat realita di lapangan. Dari pengamatannya, masih banyak areal yang kurang maksimal lantaran kekurangan pasokan irigasi.

Terutama di Sragen Barat seperti Miri, Tanon dan Sumberlawang serta Sragen Utara yang notabene lebih banyak mengandalkan tadah hujan.

“Walaupun sudah ada embung tapi belum maksimal. Makanya harapan kami ke depan, sumur dalam untuk pertanian ini harus diperbanyak. Seperti di daerah kami di Miri dan Sragen Barat itu kadang belum bisa panen 3 kali. Kalau ada sumur kan dalam bisa 3 kali panen,” ujar bapak tiga anak itu.

Nugroho Sulistyo Boncu bersama komunitas trailnya. Foto/Wardoyo

Meretas Jalur Politik

Atas kondisi itu, Nugroho kini banyak didorong oleh masyarakat Sragen Barat untuk maju ke pentas politik. Menurut rencana, jika tidak ada aral, ia bakal maju ke pemilihan legislatif (Pileg) 2024 dari PDIP Dapil Sragen III (Miri, Tanon, Sumberlawang).

Terkait langkah itu, ia menyampaikan selain dorongan masyarakat, keinginannya untuk nyaleg juga tak lepas dari motivasi untuk memajukan sektor pertanian dan daerah. Terutama di wilayah Dapil Sragen III.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

“Terlebih selama ini dari Dapil III terutama Miri, belum ada wakil di DPRD. Kalau ada putra daerah Miri yang mewakili, tentu akan beda. Prioritas saya akan membantu perbaikan infrastruktur dan memperbanyak sumur dalam agar pertanian semakin maju,” tukasnya.

Nugroho Sulistyo Boncu bersama komunitas trailnya. Foto/Wardoyo

Lebih lanjut, pria yang hobi ngetrail itu mengaku sudah siap mengabdikan diri apabila mendapat amanah bisa lolos ke panggung DPRD.

Menurutnya, melalui jalur politik dan legislasi, diharapkan juga makin memperluas kesempatannya untuk mengabdikan diri membantu masyarakat.

“Kadang kalau ada rejeki sedikit, saya usahakan ikut partisipasi bantu-bantu pembangunan di desa dari rejeki yang saya sisihkan. Tentunya kalau diamanahi untuk mewakili masyarakat, pengabdian itu akan lebih maksimal lagi. Apa aspirasi masyarakat akan kami bantu untuk diperjuangkan sehingga Sragen Barat juga bisa lebih maju seperti daerah lainnya,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com