JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga Siap Hadiri Tradisi Ya Qowiyyu di Jatinom Klaten

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto / Istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€” Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan siap untuk menghadiri pelaksanaan tradisi sebar apem Ya Qowiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah pekan depan.

Menko Airlangga mengonfirmasi kehadiran tersebut dan telah memasukkan kegiatan Tradisi Yaa Qowiyyu dalam salah satu agendanya setelah pulang dari Amerika Serikat.

Dijelaskan dalam rilisnya ke Joglosemarnews, sesuai rencana, rangkaian kegiatan Ya Qowiyyu bakal digelar mulai Kamis (15/9/2022) hingga Jumat (16/9/2022).

“Insya Allah, saya hadir, membersamai masyarakat Jatinom dan sekitar Makam Kiai Ageng Gribig khususnya, serta masyarakat Klaten dan Jawa Tengah, untuk ikut merayakan tradisi Ya Qowiyyu,โ€ tutur Airlangga dalam keterangan, Kamis (8/9/2022).

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Tradisi Sebaran Apem Yaa Qowiyyu, Eko Susanto menuturkan, tahun ini gelaran sebaran apem dilaksanakan normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Sebaran apem bakal digelar pada Jumat (16/9/2022) setelah Shalat Jumat, bertepatan dengan Jumat Kliwon, 19 Sapar tahun 1956 Ehe, dalam perhitungan kalender Jawa.

Baca Juga :  Perang Urat Syaraf antar Tim Kuasa Hukum Memanas Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

Eko menegaskan, meskipun digelar secara normal, namun, masyarakat yang akan menghadiri perayaan Ya Qowiyyu tetap diminta disiplin menerapan protokol kesehatan. Minimal memakai masker selama acara berlangsung.

Hal itu merujuk pada penerapan status seluruh wilayah di Indonesia yang masih pada PPKM Level 1.

“Hasil koordinasi lintas sektoral disepakati kegiatan Yaa Qowiyyu tetap dilaksanakan secara normal. Namun karena saat ini seluruh wilayah masih berstatus PPKM level 1, maka masyarakat yang hadir diimbau untuk tetap memakai masker,โ€ ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Tradisi Ya Qowiyyu yang juga disebut tradisi saparan itu dimulai dengan kegiatan khataman Alquran, pada Kamis (8/9/2022).

Setelah itu, kegiatan akan dilanjutkan dengan pembukaan ziarah dan doa bersama di Makam Kiai Ageng Gribig pada Kamis sore, dan haul zikir tahlil Kiai Ageng Gribig pada Kamis malam.

Sementara, pada Kamis (15/9/2022) pekan depan, digelar kirab seni budaya pada siang hari. Bersamaan kirab budaya tersebut, dilakukan serah terima gunungan apem dari halaman Kantor Camat Jatinom ke makam Kiai Ageng Gribig.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Selanjutnya, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan shalawatan dan doa untuk NKRI bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf dan Menko Airlangga di Oro-oro Yaa Qowiyyu pada malam harinya.

Puncak acara tradisi Yaa Qowiyyu berupa andum apem atau sebaran apem tetap digelar di Klampeyan Amphiteater, pada Jumat (16/9/2022) siang.

Sebagaimana diketahui, tradisi Yaa Qowiyyu telah berlangsung sejak abad ke-16 diprakarsai ulama yang kini dimakamkan di Jatinom, Kiai Ageng Gribig.

Ya Qowiyyu dilaksanakan setiap bulan safar dalam kalender Islam, jadi sering disebut tradisi Saparan.

Kiai Ageng Gribig sendiri disebut masih keturunan Raja Bhrawijaya V dari Kerajaan Majapahit. Sementara, Airlangga Hartarto juga disebut masih memiliki silsilah keturunan dari Kiai Ageng Gribig. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com