JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Onde-onde Khas Boyolali dengan Isian Daging Ayam Pedas, Nikmatnya Nagih Banget

Lusia Iis Dewi dan onde-onde buatannya yang membikin lidah nagih / Foto: Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bosan dengan onde-onde kumbu berisi kacang hijau? Kalau ya, maka pembaca perlu mencicipi onde-onde unik asal Boyolali dengan isian daging ayam pedas.

Tak perlu jauh-jauh, kedai Onde-onde Bu Is di Jalan Merapi, Boyolali Kota ini menjadi jujugan pembeli.

Kedai ini menyediakan onde-onde berbagai varian rasa. Salah satunya onde-onde dengan isian daging ayam pedas yang justru disukai pembeli.

Menurut pemilik kedai, Lusia Iis Dewi alis Bu Is, setiap bulan dia mampu menjual onde-onde sebanyak 800-1.000 pak dengan isi 8 buah onde- onde/pak. Setiap pak dijual dengan harga Rp 8.000. Total omzet mencapai jutaan rupiah.

โ€œYa, hasilnya lumayan bagus,โ€ ujarnya, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga :  Sebanyak 875 JCH Boyolali Ikuti Manasik, Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Adapun pembuatannya juga mudah. Cukup siapkan bahan seperti daging ayam yang sudah dimasak kemudian dicincang, bawang bombai. Juga sejumlah bumbu berupa bawang putih, laos, daun salam dan cabai rawit yang sudah dihaluskan.

โ€œTumis bumbu hingga harum kemudian masukkan ayam dan bawang bombai kemudian diaduk, terakhir masukkan cabai yang sudah dihaluskan.โ€

Dijelaskan, isian yang sudah dibentuk bulat kemudian dimasukkan ke dalam kulit onde-onde dan kemudian beri biji wijen dan tinggal digoreng. Selain isian ayam pedas, juga ada varian original yang berisi kacang hijau.

โ€œAda pula onde-onde rasa coklat, keju dan buah nangka. Ternyata disukai pembeli.โ€

Salah satu pembeli, Dina mengaku senang dengan onde- onde aneka rasa tersebut. Tak lupa, dia juga membeli onde- onde isian ayam pedas. Onde- onde ini berbeda dengan onde- onde yang biasa dijual di pasar.

Baca Juga :  Tertarik Mendaftar Polisi 2024? Polres Boyolali Masih Buka Pendaftaran Sampai 21 April, Lho!

โ€œRasanya nagih banget, jadi legit ada gurihnya ada pedesnya ada manisnya. Bentuknya lebih besar dari pasaran, tapi tidak bikin eneg, jadi tetap enak dimakan.โ€

Pembeli lain, Sri Hartini bahkan mengaku rela datang jauh- jauh dari rumahnya di Klaten khusus untuk mencicipi onde- onde Bu Is.

โ€œTahunya ya dari medsos. Karena penasaran, nekad datang ke Boyolali. Ternyata, wow rasanya luar biasa. Ternyata onde-onde ini memiliki cita rasa tersendiri,โ€ ujarnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com