JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Persiapan Hadapi AKM, Mahasiswa KKN 70 UNS Latih Siswa SDN 1 Majasto Operasikan Komputer

Mahasiswa KKN kelompok 70 UNS tengah membimbing para siswa SDN 1 Majasto, Tawangsari, Sukoharjo dalam mengoperasikan komputer / Foto: Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM   Di era digital ini, diakui, peran teknologi dan informasi semakin merasuk di segala lini kehidupan manusia, termasuk pada sektor pendidikan.

Karena itu, pengenalan teknologi sejak dini perlu dilakukan sebagai bekal bagi anak bangsa ke depannya agar  dapat mengikuti perkembangan zaman.

Dalam kaitan itu, sejak 2021 sektor pendidikan mulai memberlakukan program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yaitu bentuk baru penilaian mutu pembelajaran.

Sistem baru tersebut mengharuskan guru dan siswa mampu mengoperasikan komputer, karena pelaksanaannya dilakukan secara online.

Untuk diketahui, AKM merupakan survei karakter dan lingkungan belajar untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Sayangnya, di SD Desa Majasto masih ada beberapa peserta didik yang tidak begitu paham dalam pengoperasian dan awamnya pengetahuan mengenai komputer.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Sehubungan dengan tema KKN UNS, “Membangun Desa-Kampus Mengajar”,  mahasiswa KKN kelompok 70 UNS melakukan sosialisasi pengenalan komputer guna persiapan AKM di SDN 1 Majasto, Sukoharjo.

Mahasiswa KKN kelompok 70 UNS berfoto bersama dengan para siswa SDN 1 Majasto, Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di SDN 1 Majasto, Tawangsari, Sukoharjo  pada Selasa (9/8/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 5 itu  berjalan lancar dan kondusif. Dalam kegiatan itu, siswa diajari cara menghidupkan dan mematikan komputer, pengoperasian dan berlatih untuk mengerjakan soal AKM.

Dalam kegiatan itu,  setiap siswa memegang sebuah laptop untuk dioperasikan, agar lebih cepat mengenal bagian-bagian komputer.

Seluruh mahasiswa kelompok 70 KKN UNS berpartisipasi untuk mendampingi siswa siswi selama sosialisasi berlangsung.

“Selama kegiatan berlangsung, memang terdapat beberapa kendala di antaranya kurangnya laptop untuk mencukupi jumlah siswa yang ada, dan kurangnya jaringan wifi untuk menampung seluruh siswa,” jelas Nabilla, perwakilan mahasiswa KKN kelompok 70 UNS.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Namun kendala tersebut dapat diantisipasi dengan sukarela mahasiswa kelompok 70 KKN UNS untuk meminjamkan laptop masing-masing.

Pada akhirnya, kegiatan sosialisasi pengenalan komputer berjalan dengan lancar dan sukses.

Harapan dengan terlaksananya sosialisasi tersebut, guru dapat merencanakan kegiatan pengenalan atau kegiatan ekstrakurikuler komputer  agar siswa siswi dapat berlatih dan mengenal komputer dengan maksimal sebelum dilaksanakannya AKM.

Untuk diketahui, KKN kelompok 70 UNS terdiri dari 10 personel yang masing-masing adalah Ummi Ayunita Mahfudah, Anastasya Nadia Putri, Arsyani Nursita Dewi, Natasha Meiriska Wijaya, Endah Yuliana Lestari, Reza Hamid Lufafi, Rohmad Adhi Prastomo, Hana Satriani, Rika Dyah Putriana dan Nabila Nooraini. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com