JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Rasanya Masam, Ini Sederet Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Jeruk nipis salah satu jenis buah jeruk yang memiliki rasa sangat masam. Dalam mengonsumsi jeruk nipis, biasanya dipadukan dengan bahan makanan atau minupan lainnya. Mulai dicampur dengan madu, dibuat minuman es jeruk hingga sebagai tambahan untuk soto.

Di balik rasa masamnya, ternyata buah dengan bahasa latin dikenal Citrus aurantifolia merupakan salah satu bahan alami yang sudah terbukti baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan jeruk nipis sangat baik untuk kesehatan, lantas, apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan?

1. Sumber antioksidan

Dikutip heathline.com, jeruk nipis kaya akan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat. Antioksidan dikenal sebagai senyawa penting yang melindungi tubuh dari radikal bebas, Selain itu, antioksidan dapat menurunkan risiko kondisi kronis, seperti jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Baca Juga :  Kenali Jenis Bau Mulut Penanda Gangguan Kesehatan

2. Cegah batu ginjal

Meskipun batu ginjal berukuran kecil, tetapi keberadaannya sangat menyakitkan bagi tubuh. Kristal kecil in terbentuk di dalam ginjal karena kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium di dalam urine. Dilansir greatist.com, jeruk nipis adalah salah satu bahan yang dapat mencegah timbulnya batu ginjal karena merupakan sumber sitrat makanan, yang dapat meningkatkan kadar sitrat urine dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal

3. Kontrol gula darah

Jeruk nipis merupakan buah-buahan yang rendah karbohidrat. Melansir healthline.com, hal ini pun membuat buah yang satu ini tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah ketika mengonsumsinya sehingga jeruk nipis baik untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis membantu mengatur gula darah di pagi hari setelah sarapan.

Baca Juga :  Awas, Makan Terlalu Kenyang Bisa Berisiko pada Kesehatan

4. Sehatkan kulit

Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Dilansir medicalnewstoday.com., vitamin C adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen, sebuah senyawa yang terlibat dalam mendukung kulit sehat.

5. Hidrasi tubuh

Melansir medicalnewstoday.com, perasan jeruk nipis atau irisan jeruk nipis dapat membantu menghidrasi kulit dan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Caranya adalah cukup menambah perasan jeruk nipis di minuman untuk menambah rasa dalam minuman.

www.tempo.co

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com