JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Musik

Rayakan Ultah ke-61, Iwan Fals Gelar Konser Bertalu Rindu Cinta

Iwan Fals. Tempo.co/Dok. Tiga Rambu
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Penyanyi senior, Iwan Fals berulang tahun ke-16, Sabtu 3 September 2022 kemarin. Ulang tahun tersebut dirayakan dengan menggelar konser Bertalu Rindu Cinta.

Konser digelar di Panggung Kita, Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, konser ini digagas dan dirancang langsung oleh Rosana Listanto, yang akrab disapa Mbak Yos atau Ibu Yos, istri Iwan Fals sekaligus pendiri Tiga Rambu.

Konser ini juga sekaligus menjadi ajang melepas rindu Iwan Fals dengan penggemarnya setianya.

“Saya sendiri yang mengonsep tema dan literasi acaranya, dan kita hanya punya waktu dua minggu semenjak ini digagas dan diputuskan. Jadi, waktu persiapannya cukup tight. Tapi saya yakin bisa memberikan yang terbaik”, ujar Ibu Yos, membeberkan persiapan konser yang juga dinantinya sejak lama.

Tampil dengan membawakan repertoar magis, bergemuruh, menggelitik, namun romantis, semua berpadu dalam satu pertunjukan, Iwan Fals menyajikan 16 nomor terbaik dari album-album terdahulunya. Lagu-lagu seperti 15 Juli 1996, Untuk Para Pengabdi, Di Ujung Abad yang diambil dari album Suara Hati (2002), atau dari album Swami I (1989) seperti Potret, Esek-Esek Udug-Udug, dan Cinta, dan nomor lama lainnya.

Iwan Fals yang selalu menanti Panggung Kita dibunyikan lagi. “Sejujurnya, kalau diingat lagi, masa-masa pandemi, itu salah satu masa paling sedih. Saya sedih karena banyak orang, saudara-saudara saya menggantungkan hidupnya dari dunia pentas dan harus kehilangan penghasilan, seperti kru panggung, kru lighting, kru sound sytem,” katanya.

Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto, mengungkapkan kerinduannya akan pementasan offline yang sempat “mati” saat masa pandemi. “Saya harus dipisahkan dengan pendengar musik saya, yang selama ini menjadi bagian penting dari hidup saya, rasanya sedih dan kelam sekali masa itu. Tapi, sedikit terobati dengan menggarap album ‘Pun Aku’ di tahun lalu. Selama masih bisa berkarya, mungkin itu penyambung rinduku pada pendengar, walau belum bisa tatap muka,” katanya.

Iwan Fals terakhir kali melakukan pentas di Panggung Kita, di kediamannya pada 2018, lewat pentas rutin bertajuk Konser Situs Budaya. Empat tahun bukan waktu yang sekejap untuk menanti. Selain mesti menuntaskan sekian tur di 2019, Iwan Fals dan tak terkecuali seantero negeri dibuat menanti oleh situasi pandemi yang tak menentu selama 2 tahun terakhir semenjak 2020.

Nama Iwan Fals & Band kerap kali terpampang di setiap pertunjukan yang dilakukan oleh Iwan Fals. Menjadi musisi pendukung Iwan Fals dengan beberapa wajah baru, Ardy Sikki (Bass), Sugarda Wijaya Amiarsa (Gitar, Perkusi dan Keyboard), Otta Tarrega (Keyboard dan Synth), Zulqi Ramadhan (Gitar), serta putra bungsu dari pasangan Iwan Fals dan Ibu Yos, Raya Rambu Rabbani (Drum) merasa menggebu dan gugup tampil di hadapan ribuan penonton di Panggung Kita. “Tentu excited, tapi agak nervous, karena pertama kalinya merasakan Panggung Kita,” kata Raya.

Beraksi bersama insan-insan belia, membuat Iwan Fals masih berkeinginan untuk tumbuh dan tidak merasakan banyak kendala dalam perjalanan setiap penampilannya. “Justru menyenangkan, bermain musik dengan energi-energi baru, dan kita jadi punya ruang untuk terus bertumbuh, saling belajar satu sama lain,” kata Iwan Fals.

Sebab jumlah dan kapasitas yang terbatas, dan diselenggarakan di satu tempat, Konser Bertalu Rindu Cinta juga dapat disaksikan secara online, ditayangkan langsung lewat layanan streaming Vidio. Dengan adanya penayangan ekslusif dari platform Vidio, seluruh penggemar dan penonton bisa menyaksikan Konser Bertalu Rindu Cinta dengan seksama lewat gawai elektroniknya dari seluruh Dunia.

Setiap pentas Iwan Fals selalu sarat akan pesan baik, termasuk konser Bertalu Rindu Cinta ini. “Pesan utama dari konser ini adalah tentang kesabaran, penantian, kesetiaan dan pemaknaan hidup dalam situasi yang tidak kondusif dan tak menentu. Saya ingin semua yang hadir di konser ini membawa pesan cinta dan menyebarluaskannya ke kawan dan keluarganya,” kata Ibu Yos.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com