JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Relawannya Hina Ustazah Ponpes Lirboyo, Ganjar Pranowo Mengklaim Tak Kenal Eko Kuntadhi

Ganjar Pranowo saat di Solo. Foto: JSNews/Ando
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membantah mengenal Eko Kuntadhi, relawan Ganjarist yang ingin memenangkan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Eko menjadi bulan-bulanan masyarakat setelah komentarnya yang bernada sarkastik terhadap ustazah Ponpes Lirboyo, Kediri, Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz.

Dalam keterangannya, Ganjar mengatakan hanya mengenal Eko Kuntadhi sebatas pegiat media sosial. Ia mengaku tidak mengenal Eko secara pribadi dan menyatakan selama ini dirinya tidak ada hubungan apapun dengan aktivitas Eko sebagai Ketua Umum Relawan Ganjarist yang kemudian mengundurkan diri setelah kasus itu.

“Soal aktivitas Eko sebagai Ketua relawan Ganjarist, saya tidak pernah mengikuti dan tidak ada hubungan apapun,” kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis 15 September 2022, seakan menghindari dari permasalahan yang dialami Eko Kuntadhi tersebut.

Pengakuan Ganjar yang tak mengenal Eko Kuntadhi ini juga menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial. Banyak yang mempertanyakan pengakuan Ganjar tersebut dan dianggap aneh. Pasalnya, jejak digital perkenalan mereka banyak bertebaran di media sosial. Salah satunya adalah diskusi Ganjar Pranowo dengan Eko Kuntadhi bersama Deny Siregar, teman Eko sesama pendukung Ganjar untuk Pilpres 2024.

Baca Juga :  Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Setelah adanya kasus Eko dengan Ning Imaz ini mencuat, Ganjar juga membuat bantahan bahwa dirinya telah membentuk relawan. Gubernur Jateng ini mengelak bahwa Eko Kuntadhi adalah relawannya.

“Saya tidak pernah membentuk relawan kok,” katanya usai mengukuhkan koperasi bagi istri eks napiter di Grand Sae Hotel, Solo Jumat, (16/9/2022).

Di sisi lain, menyikapi kasus Eko dengan Ning Imaz tersebut, Ganjar juga turut memberikan komentar. Ganjar menghimbau agar jangan menyerang individu dan tidak menjelek-jelekkan pada siapapun.

“Siapa pun dari kelompok manapun, yang dukung dukungan jangan menyerang individu. Jangan menjelek-jelekkan, jangan menyerang lembaga, itu menurut saya untuk siapapun,” tegasnya.

Seperti diketahui, Eko Kuntadhi yang merupakan relawan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 kembali dihujat warga khususnya warga Nahdhatul Ulama (NU). Hal itu dipicu komentar Eko yang bernada hinaan dan sarkastik terhadap ustazah Imaz Fatimatuz Zahra atau yang akrab disapa Ning Imaz dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga :  Keluarkan SE THR untuk Ojol dan Kurir, Pemkot Solo: Sifatnya Imbauan, yang Memutuskan Aplikator

Bahkan KH Cholil Nafiz dari MUI menyebut tindakan Eko itu bukan hanya melukai Ning Imaz pribadi maupun warga Pesantren Lirboyo melainkan juga warga Nu serta kaum muslimin.

Polemik ini bermula dari cuitan Eko di Twitter pribadinya yang mengunggah potongan video ceramah Ning Imaz. Potongan video itu diunggah Eko ditambahi dengan keterangan berupa ungkapan yang bernada kasar menyebut ‘kadal’ hingga ‘selangkangan’.

“Tolol tingkat kadal. Hidup kok cuma mimpi selangkangan,” demikian tulisan atau caption video unggahan Eko Kuntadhi itu dikutip dari NU Online.

Video ceramah Ning Imaz itu diproduksi NU Online, media resmi PBNU. Dalam video itu secara keseluruhan Ning Imaz sedang menjelaskan tentang tafsir Surat Ali Imran ayat 14. Video ini juga diunggah di TikTok NU Online dengan judul thumbnail ‘Lelaki di Surga Dapat Bidadari, Wanita Dapat Apa?’.

Sontak, kicauan Eko yang menukil potongan video disertai ungkapan bernada kasar itu mendapat protes dari tokoh-tokoh NU serta tokoh umat islam lainnya. (Ando/ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com