JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Satu Korban Tewas Kecelakaan 13 Mobil di Tol Pejagan Dikirim ke Jakarta. Polisi Ungkap Pemicu Pertama Mobil Fortuner!

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto/Wardoyo
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polda Jateng masih mendalami peristiwa kecelakaan beruntun yang menimpa 13 kendaraan di KM 253 ruas tol Pejagan – Pemalang yang terjadi Minggu siang (18/9/2022).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memimpin konferensi Pers salam rangka HUT Lalu Lintas ke 67 di Mapolda, menuturkan saat ini pihaknya telah menerjunkan tim termasuk dari laboratorium forensik.

Tim sudah menerjunkan tim untuk olah TKP dan memeriksa pengelola tol maupun warga pemilik lahan.

“Sudah kita (Polda) Jateng terjunkan tim ke TKP, akan dilakukan penyelidikan dan pendalaman secara seksama,” ungkapnya saat menjawab pertanyaan wartawan, Senin (19/9).

Ditambahkan, tim dari Puslabfor Mabes Polri juga dilibatkan dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan tersebut.

Sementara, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto menambahkan saat ini pihaknya melakukan sejumlah penyelidikan dan pemeriksaan sejumlah saksi.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

“Terkait penyebab kebakaran rumput di sekitar lokasi yang mengakibatkan kecelakaan beruntun di ruas tol, kami masih menunggu keterangan ahli,” tandasnya.

Diakuinya, saat ini Polres Brebes juga melakukan pemeriksaan pengelola tol dan pemilik lahan disekitar tol.

“Hasilnya nanti akan disampaikan lebih lanjut,” tambahnya.

Kapolres menyampaikan pihaknya secara rutin melakukan patroli di kawasan jalan tol. Namun karena luasnya jangkauan tol, pihaknya tidak dapat memonitor semua kejadian di kawasan tersebut.

Terkait kronologis kejadian, Kapolres Brebes menerangkan kejadian berawal dari mobil Fortuner melaju di KM 253 dan terhalangi lajunya oleh kepulan asap.

Mobil itu lantas melakukan pengereman sehingga menyebabkan sejumlah mobil dibelakangnya mengerem mendadak.

“Kecepatannya diperkirakan cukup tinggi. Untuk kepastiannya hari ini tim Polda dan Mabes Polri turun untuk melakukan olah TKP kecepatan. Tim TAA (traffic accident analysis) juga dikerahkan,” terangnya.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Dirinya juga menuturkan terdapat satu korban jiwa pada kejadian tersebut di TKP. Saat ini korban telah diserahkan pada keluarga dan dibawa kembali Jakarta pada pukul 01.00 WIB.

“Hasil pengecekan di rumah sakit, 18 orang mengalami luka ringan dan yang meninggal di TKP satu orang,” imbuh Kapolres

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho merinci pihak kepolisian telah melakukan penyelidikan terhadap 13 mobil yang terlibat kecelakaan.

Kepolisian disebutnya juga telah berkoordinasi agar kejadian serupa tidak terulang.

“Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap pengelola jalan tol. Kami lakukan kolaborasi dan edukasi terkait keselamatan di jalan tol. Ini sangat penting sekali untuk mengurangi fatalitas di jalan tol. Termasuk fasilitas di jalan tol harus kita lengkapi dan optimalkan baik patroli maupun kendaraan emergency,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com