JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Sistem COD Bikin Belanja di Shopee Semakin Menyenangkan

Shopee.co.id
ย ย ย 

Digitalisasi telah menyasar seluruh sendi kehidupan, termasuk dalam aktivitas berbelanja. Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan pada Juni 2020 melaporkan 56,8 persen responden pernah berbelanja daring atau online.

Dalam survei tersebut enam dari sepuluh responden memilih menggunakan metode pembayaran tunai. Artinya meski sistem belanja online digandrungi, sebagian besar masyarakat masih merasa lebih nyaman menggunakan metode bayar tunai ketimbang nontunai.

Nah, metode bayar tunai dalam belanja daring dapat dilakukan menggunakan sistem COD atau cash on delivery. Secara teknis COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, usai barang pesanan diterima pembeli dari kurir.

Banyaknya masyarakat yang merasa nyaman menggunakan mekanisme pembayaran COD saat berbelanja daring disebabkan karena sistem ini menawarkan sejumlah keuntungan dari sisi pembeli.ย 

Keuntungan Sistem COD Shopee Untuk Pembeli

Salah satu marketplace yang dapat menggunakan sistem COD untuk belanja online adalah Shopee. Dengan menggunakan sistem COD saat berbelanja di Shopee, Anda sebagai pembeli akan mendapatkan sejumlah keuntungan di antara lain :

1. ย ย ย ย ย  Tidak perlu memiliki akun bank

Anda tidak memerlukan rekening bank untuk dapat melakukan transaksi menggunakan sistem COD pada layanan Shopee. Setelah melakukan checkout barang belanjaan di keranjang Shopee, Anda tinggal memilih metode pembayaran COD untuk transaksi pembayaran.

Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan transfer maupun membayar menggunakan virtual akun bank. Ketika penjual sudah mengonfirmasi barang pesanan, artinya Anda hanya perlu menunggu pesanan barang tiba di depan pintu rumah Anda.

2. ย ย ย ย ย  Tidak perlu keluar jauh dari rumah untuk melakukan pembayaran

Dengan memilih sistem pembayaran COD saat melakukan transaksi belanja online di Shopee, Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran di mitra pembayaran Shopee seperti Indomaret/i.saku.

Pembayaran baru akan Anda lakukan kepada kurir saat barang pesanan sudah tiba ke lokasi pengiriman.

3. ย ย ย ย ย  Dapat melakukan pembatalan pesanan

Di saat pesanan barang sudah terlanjur dilakukan namun Anda berubah pikiran, Anda dapat melakukan pembatalan pesanan di saat barang sudah tiba ke lokasi pengiriman.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia

Meski begitu, Anda tetap perlu memikirkan masak-masak sebelum melakukan pesanan karena metode pembayaran COD Anda bisa dinonaktifkan bila membatalkan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari berturut-turut.

Satu hal lagi yang perlu Anda catat adalah, sebagai pembeli Anda harus melunasi pembayaran tunai kepada kurir sebelum Anda membuka paket, sehingga pembatalan pesanan tidak bisa dilakukan setelah Anda menerima dan membuka isi paket.

Tips dalam menggunakan sistem COD Shopee

Saat memutuskan berbelanja di Shopee menggunakan sistem COD Anda perlu memerhatikan hal-hal berikut ini agar proses belanja Anda berjalan dengan lancar.

1.ย ย ย ย  Pastikan alamat pengiriman benar

Hal pertama yang perlu Anda pastikan saat memilih pembayaran dengan sistem COD adalah memastikan lokasi pengiriman barang Anda sudah tepat.

Setelah itu, Anda perlu memastikan pula apakah alamat pengiriman Anda termasuk area yang dapat dijangkau oleh jasa kirim yang mendukung metode pembayaran COD.

2. ย ย ย ย ย  Pilih toko yang melayani sistem COD

Anda hanya dapat melakukan pembelian menggunakan metode pembayaran COD di toko penjual yang sudah mengaktifkan metode pembayaran COD.

Karena itu, Anda perlu memastikan barang yang ingin Anda beli secara online dijual di toko Shopee yang telah mengaktifkan sistem COD sebagai salah satu metode pembayaran.

3. ย ย ย ย ย  Ajukan pengembalian menggunakan aplikasi

Dikarenakan Anda harus melakukan pembayaran kepada kurir sebelum menerima dan membuka paket, maka jika ditemukan kendala pada produk yang diterima, Anda perlu mengajukan permintaan pengembalian barang/dana melalui aplikasi Shopee.

Permintaan dapat dilakukan selama pesanan masih dalam masa Garansi Shopee dan Anda belum mengaktifkan notifikasi Pesanan Diterima pada aplikasi.

ย Dukungan Jasa Pengiriman

Selain memiliki banyak pilihan metode pembayaran, termasuk sistem COD, yang memudahkan Anda sebagai pembeli, belanja online di Shopee bisa menggunakan jasa pengiriman hemat yang didukung Shopee.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia

Pengiriman dengan jasa kirim yang didukung Shopee membuat proses pengiriman lebih mudah dan dapat diandalkan oleh penjual maupun pembeli. Berikut adalah sejumlah kelebihan dari jasa kirim yang didukung Shopee.

1. ย ย ย ย ย  Mengatur pengiriman secara fleksibel

Penjual dapat mengatur opsi pengiriman langsung melalui Seller Centre atau aplikasi Shopee. Jika menggunakan jasa kirim yang tidak didukung Shopee, penjual harus mengatur pengiriman dengan jasa kirim secara terpisah.

2. ย ย ย ย ย  Penghitungan ongkos kirim otomatis

Dengan menggunakan jasa kirim yang telah didukung Shopee, maka ongkos kirim akan dihitung otomatis oleh sistem Shopee. Sementara, jika menggunakan jasa kirim yang tidak didukung Shopee, penjual harus menegosiasikan ongkos kirim dengan jasa kirim secara terpisah.

3. ย ย ย ย ย  Pencetakan resi lebih praktis

Penjual dapat mengakses dan mencetak resi melalui Seller Center bila menggunakan jasa kirim yang didukung oleh Shopee. Jika menggunakan jasa kirim lain, penjual perlu melakukan permintaan untuk menerima resi.

4. ย ย ย ย ย  Notifikasi diterima secara otomatis

Jasa kirim yang didukung Shopee akan mengirimkan notifikasi โ€œDikirimโ€ untuk memberi tahu Shopee bahwa kurir telah mengambil pesanan. Nah kalau tidak menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee, penjual secara manual harus memilih tombol โ€œKirimโ€ untuk mengirim notifikasi “Dikirim” ke Shopee.

5. ย ย ย ย ย  Format rincian didapat secara otomatis

Dengan menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee, rincian pelacakan akan ditampilkan secara otomatis di sistem Shopee kepada penjual dan pembeli. Jika menggunakan jasa kirim lain, penjual dan pembeli harus melacak kiriman mereka melalui platform jasa kirim tersebut.

Dengan banyaknyaย  keuntungan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran COD melalui Shopee ditambah dukungan dari jasa pengiriman hemat yang didukung Shopee, pengalaman belanja online Anda akan semakin menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi? Ayok segera belanja di Shopee!

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com