JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Spektakuler! Tercepat se-Indonesia, Kantor BPN Karanganyar Terapkan Layanan Roya, Balik Nama dan Peningkatan Status Tanah Hanya 10 Menit Jadi dan Diberi Kopi Gratis 

Kepala ATR/BPN Karanganyar, Aris Munanto / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Tuntutan pelayanan terbaik dan cepat di semua layanan birokrasi mendorong Kantor Pertanahan Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Kabupaten Karanganyar melakukan terobosan dahsyat.

Yakni melayani kilat untuk  tiga jenis tanah dengan luas dibawah 600 meter maks pelayanan roya (penghapusan hak tanggungan), balik nama dan peningkatan status tanah dilayani 10 menit jadi.

Bahkan selama waktu 10 menit menunggu proses pelayanan tersebut si pemohon diberikan kopi gratis dari kantor ATR BPN Karanganyar.

Sejurus kemudian 10 menit rampung ngopi berkas yang dimohonkan sudah jadi dan diberikan langsung pada pemohon tanpa dikenakan biaya lain-lain alias tidak ada biaya tambahan.

Tak pelak,  berkat layanan kilat  tersebut disamping layanan cepat lainnya, kantor ATR BPN Karanganyar masuk kandidat meraih penghargaan zona bebas korupsi bersaing dengan 19 kantor ATR BPN.

Sebelumnya saat kompetisi bersaing dengan sebanyak 500 kantor ATR/BPN se Indonesia, selanjutnya mengerucut 20 besar dan hasil penilaian diperkirakan rampung Oktober tahun ini.

“Iya Alhamdullilah ada tiga  layanan kami yang spektakuler kilat sesuai fakta yakni layanan Kopi 10 menit, layanan Loketku berbasis online dan layanan Halo Kepala Kantor yang mana tiga layanan tersebut kami geber sejak Juli dan efektif,” ungkap Kepala ATR/BPN Karanganyar, Aris Munanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (29/9/2022).

Adapun detail teknis yang paling penting supaya konsumen atau pemohon benar-benar merasakan nyata kecepatan pelayanan tersebut adalah pemohon wajib datang sendiri ke kantor ATR/BPN dan persyaratan wajib mutlak lengkap.

“Jika persyaratan benar-benar sudah lengkap , pemohon datang, serahkan berkas lalu silahkan minum kopi gratis yang kami sediakan, lalu 10 menit kemudian berkas rampung dan silahkan bayar,” tandas Aris Munanto.

Selain layanan Kopi 10 menit, pihaknya juga menyediakan layanan untuk menerima komplain dari masyarakat yakni Halo Kepala Kantor, yang mana semua masalah terkait pelayanan ATR/BPN bisa langsung dishare via nomor Hotline yang disediakan. Layanan ini sudah terbukti menjawab hampir 800 kelambatan dan langsung diselesaikan.

“Untuk layanan Halo Kepala Kantor dan Kopi 10 menit sudah dirasakan hampir seribu konsumen yang mana rata-rata kaget heran ajukan balik nama hanya 10 menit jadi,” tandas Aris Munanto.

Meski demikian lanjut Aris Munanto, Kantor ATR/BPN Karanganyar juga membuka layanan bagi kuasa seperti notaris yang menjadi kuasa pemohon. Layanan ini diberi tajuk Loketku yang mana berkas dari kuasa disampaikan online dan berkas fisik diserahkan lewat box yang disediakan.

“Untuk layanan Loketku dari pengajuan berkas hingga berkas jadi kami sediakan Dropp Box sehingga tidak ketemu petugas seperti manual dan pembayaran via online,” pungkas Aris Munanto  Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com